Pendidikan Anak Perempuan Dalam Perspektif Budaya Patriarki (Studi Pada Budaya Lamaholot)

Authors

  • D Hyronimus Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.1099

Keywords:

Budaya Lamaholot, Budaya Patriarki, Pendidikan Anak Perempuan

Abstract

Kesetaraan gender secara genealogis bukan merupakan upaya untuk mempersatukan perbedaan. Perbedaan gender tidak menjadi masalah sepanjang tidak melahirkan gender inequalities. Diskursus mengenai ketidakadilan gender koheren dengan marginalisasi, subordinasi, streotipe, dan kekerasan yang sepertinya melekat pada kaum perempuan. Budaya Lamaholot merupakan representatif dari budaya patriarki, dimana keadilan pada perempuan seringkali gagap untuk diucapkan. Budaya Lamaholot yang bersifat represif dimulai dari lingkungan keluarga sehingga dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat. Peran perempuan dalam keluarga dan masyarakat tidak semata dihilangkan melainkan dibatasi oleh konvensi yang ada. Budaya Lamaholot memvonis perempuan sebagai bagian yang disepelehkan dalam pembagian peran sehingga perempuan kehilangan kesempatan untuk bertumbuh, salah satunya adalah kesempatan memperoleh pendidikan dari orang tua. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan dampak budaya Lamaholot (sebagai bagian dari budaya patriarki) pada pendidikan anak perempuan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, hasil analisisnya bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan pertimbangan paham budaya Lamaholot anak laki – laki menjadi prioritas orang tua dalam hal kesempatan memperoleh pendidikan, sedangkan anak perempuan tidak menjadi bagian yang diprioritaskan sehingga terjadi kesenjangan akses pendidikan antara anak laki – laki dan perempuan yang berakibat anak perempuan kehilangan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang layak.

References

Alfian Rokhmansyah (2016), Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Garudhawaca

Anwar (2017), Implikasi Budaya Patriarki dalam Kesetaraan Gender di Lembaga Pendidikan Madrasah (Studi Kasus pada Madrasah di Kota Parepare), dalam Jurnal Al-Maiyyah, Vol 10 No, 1 (Juni 2017).

Ardiyani, Dian (2017), Konsep Pendidikan Perempuan Siti Walidah, dalam Jurnal Tajdida, Vol 15 No, 1 (Juni 2017).

Kiram, Muhammad Zawil (2020), Pendidikan Berbasis Gender dalam Keluarga Masyarakat Aceh, dalam Jurnal Community, Vol 6 No, 2 (Oktober 2020).

Kollo, Fredik Lambertus (2017), Budaya Patriarki dan Partisipasi Perempuan dalam Bidang Politik, dalam Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta (November 2017).

Nursaptini, dkk (2019), Budaya Patriarki dan Akses Perempuan dalam Pendidikan, dalam Jurnal Al-Maiyyah, Vol 12 No, 2 (Desember 2019).

Ratnawati, Sulistyorini & Ahmad Zainal Abidin (2019), Kesetaraan Gender tentang Pendidikan Laki – laki dan Perempuan, dalam Jurnal Harkat, Vol 15 No, 1 (November 2019).

Roziqin, dkk (2019), Pendidikan Berbasis Kesetaraan Gender di Provinsi Jawa Tengah, dalam Jurnal Ilmu Sosial, Vol 16 No, 2 (November 2019).

Sakina, Ade Irma & Dessy Hasannah Siti A (2017), Menyoroti Budaya Patriarki di Indonesia, dalam Jurnal Sosial Work, Vol 7 No, 1 (Juli 2017).

Sulistyowati, Yuni (2020), Kesetaraan Gender dalam Lingkup Pendidikan dan Tata Sosial, dalam Jurnal Studi Gender, Vol 1 No, 2 (Januari 2020).

Sutisna, Deni (2019), Budaya Patriarki dan Akses Perempuan dalam Pendidikan, dalam Jurnal Al-Maiyyah, Vol 12 No, 2 (Desember 2017)

Telnoni, Benyamin (2020), Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membelajarkan Kesetaraan Gender Pada Anak Usia Dini, dalam Jurnal Abdiel, Vol 4 No, 2 (Oktober 2020)

Utami, Rizka Hidayatul (2019), Relevansi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pengarusutamaan Gender, dalam Jurnal Islamic Education Policy, Vol 4 No, 1 (Januari 2019)

Utomo, Susilo Setyo dan Uni Ekowati (2019), Pendidikan Responsif Gender bagi Anak Usia Dini, dalam Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Vol 3 No, 1 (November 2019)

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

D Hyronimus. (2023). Pendidikan Anak Perempuan Dalam Perspektif Budaya Patriarki (Studi Pada Budaya Lamaholot). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 175–186. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.1099