Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital pada Stiker KRL Commuter Line

Authors

  • Uliana Hidayatika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.928

Keywords:

Kesalahan penulisan, Stiker KRL Commuter Line, Huruf Kapital

Abstract

Satu dari sekian banyak transportasi umum masyarakat Indonesia khususnya yang di wilayah Jabodetabek digunakan hampir 1 juta orang per hari adalah KRL Commuter Line. Namun, besarnya nama KRL Commuter Line ini tidak menjamin tidak adanya kesalahan berbahasa yang dilakukan pihaknya. Hal ini dapat dilihat dari adanya kesalahan penulisan pada stiker yang ditempel di kereta. Sesuai dengan judulnya, pastinya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penulisan pada stiker kereta yang berkenaan dengan huruf kapital. Digunakan kualitatif deskriptif sebagai metode dalam penelitian ini. Data diperoleh dari observasi dan juga dokumentasi. Setelah data terkumpul, lalu data dianalisis berpedoman pada EYD 5, buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, dan KBBI. Kemudian hasil analisis dinarasikan dengan kata-kata. Ditemukan kesalahan penulisan huruf kapital pada stiker KRL Commuter Line, inilah hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Kesalahan tata penulisan pada huruf kapital ini berkenaan dengan kata yang seharusnya ditulis nonkapital dalam konteks judul (yaitu kata kepada, untuk, yang, dan pada) dan huruf yang seharusnya kapital tetapi ditulis nonkapital (yaitu kata terbaru).

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Ejaan yang Disempurnakan Edisi Kelima. Diakses pada 7 Januari 2023, dari https://ejaan.kemdikbud.go.id/.

_______________. KBBI Daring. Diakses 7 Januari 2023, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/terbaru.

_______________. (2022). Keputusan Kepada Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Nomor 0424/I/BS.00.01/2022 tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diakses dari https://ejaan.kemdikbud.go.id/.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Laia, T.C. & Siti Nurlaela. (2020). Evaluasi Kualitas Pelayanan Commuter Line Berdasarkan Perspektif Gender. Jurnal Teknik ITS, 9(2), 233-238. https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56286.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Rulviana, V. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital pada Penulisan Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. JL: Journal of Teaching and Learning Research, 2(1), 1-6. 10.24256/jtlr.v2i1.1331.

Rusandi & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2(1), 48-60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18.

Sudaryat, Y., Abud Prawirasumantri., & Karna Yudibrata. (2013). Tata Basa Sunda Kiwari. Bandung: Yrama Widya.

Tibin, F.K. (2018). Pengendalian Persediaan Suku Cadang Bogie KRL Berdasarkan Keandalan. Skripsi thesis. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/1811.

Widyawati, K. & Dian Indihadi. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Siswa Kelas II. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 13-20. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25731/12211.

Wijayanto, H. (2019). Peranan Penggunaan Transportasi Publik di Perkotaan (Studi Kasus Penggunaan Kereta Commuterline Indonesia Rute Jakarta-Bekasi). Kybernan: Jurnal Studi Pemerintahan 2(2), 1-8. https://doi.org/10.35326/kybernan.v5i2.365.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Uliana Hidayatika. (2023). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital pada Stiker KRL Commuter Line. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.928