PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 PANTI

Authors

  • Muharvika Aprillia UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fenny Ayu Monia UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.944

Keywords:

Video,Media, Powerpoint,Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran dalam menarik minat belajar siswasiswa di SMP negeri 1 panti . Adapun metode penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan, dengan mengamati langsung kejadian yang terjadi di SMP N 1 Panti. Pada era modern ini, banyak siswa yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi bisa membawa pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Salah satu pengaruh negatif dari perkembangan teknologi adalah kurangnya minat dan keinginan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan bagi siswa mengusahakan agar dapat meningkatkan minat dan keinginan siswa untuk belajar di sekolah. Salah satu usaha yang bisa dilakukan sekolah adalah dengan mengubah media pembelajaran dan memakai sejenis video atau pun powerpoint.

 

 

References

A.H Hujair Sanaky. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Dunn, D. S. (Ed.). (2011). Best Practices for Technology-enhanced Teaching and Learning: Connecting to Psychology and the Social Sciences. New York: Oxford University Press.

Hikmah, S. N., Maskar, S., & Indonesia, U. T. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsof Powerpoint Pada Siswa Smp Kelas VIII Dalam Pembelajaran Koordinar Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(1), 15–19.

Purwanti, Lusi et al (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. JOBE (Journal Of Biology Education), 3(2), 158-166

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Maisaroh, S. and Moh. Ali (2021) “Culture Shock Dosen Bahasa Arab Di Masa Pandemic Covid-19”, Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 19(2), pp. 579-603. doi: 10.53515/al qodiri.v19i2.4410.

Sir John Daniel, ‘Education and the COVID-19 Pandemic’, Prospects, 2020 <https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3>.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Muharvika Aprillia, & Fenny Ayu Monia. (2023). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 PANTI. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 45–50. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.944