UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT POSITIF DAN NEGATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 11 ALUR BANDUNG DENGAN MENERAPKAN METODE KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)

Authors

  • Susnari Susnari SDN 11 Alur Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.946

Keywords:

Model, Pembelajara, Kartu Soal

Abstract

Hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif tahun pelajaran 2019/2020 sangat rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan guru sekitar 70% mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sekolah untuk pembelajaran Matematika kelas IV yaitu 60.

Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakannya penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan pembelajaran dengan  menerapkan metode kooperatif  tipe Team assisted Individualization (TAI) mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif pada pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 11 Alur Bandung  semester genap tahun pelajaran

Hasil yang didapat setelah pelaksanaan penelitikan tindakan kelas dengan menerapkan metode kooperatif  tipe Team assisted Individualization (TAI) selama 2 siklus penelitian adalah Pada Siklus II jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM pada perbaikan pembelajaran siklus II meningkat dari jumlah yang sebelumnya 10 orang menjadi 14 orang mendapatkan nilai diatas KKM. Pada siklus II ini terjadi pula penurunan jumlah siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM setelah dievaluasi yaitu hanya tinggal 6 orang atau sekitar 30%  dari 20 orang siswa.

 

 

References

(1) Abror, Rahman. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

(2) Arikunto. S. ( 1990 ). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

(3) Azhar, M.L. (1993). Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Offset Printing.

(4) Baharuddin, dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

(5) Rosadila. (2007). Penerapan Pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) Pada Kelas XI SMA Negeri 8 Pontianak : STKIP PGRI.

(6) Rusyani, tabrani dkk. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: FKIP Uninus

(7) Antono, dkk (2006). Buku Matematika IV SD/MI, Jakarta: Erlangga

(8) Purnomo, J. (2010). Mahir Matematika kela IV SD, Surabaya : Sinar Pustaka

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Susnari Susnari. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT POSITIF DAN NEGATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 11 ALUR BANDUNG DENGAN MENERAPKAN METODE KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 62–74. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.946