Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Dwi Nur Indah Sari Universitas Ahmad Dahlan
  • Rahma Sabilla Universitas Ahmad Dahlan
  • Farid Setiawan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.947

Keywords:

Kepala Sekolah; Guru; Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Konsep praktek kerja kolektif kolegial antara kepala sekolah dan guru merupakan salah satu kunci utama suksenya pendidikan di suatu sekolah. Adapun tugas kepala sekolah sebagai kunci dari keberlangsungan kesuksesan suatu sekolah dalam melaksanakan fungsinya. Dalam lingkungan sekolah, maka yang memegang kendali penuh adalah kepala sekolah dan diharapkan mampu bekerjasama dengan para guru untuk membawa peserta didik menjadi pribadi yang bermoral dan sesuai dengan cita–cita bangsa juga agama, sehingga sekolah tersebut mampu menjadi contoh bagi sekolah–sekolah lain dalam hal kualitas dan kuantitas peserta didik, dan menghasilkan (output) generasi muda yang berkualitas seperti halnya dalam Profil Pelajar Pancasila yang telah dirumuskan oleh Kemendikbud. Pada artikel ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan mencari literatur ilmiah yang relevan dengan topik pada artikel ini, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila kepala sekolah memiliki peran penting serta berkolaborasi dengan guru untuk menciptakan generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkebhinekaan global, gotong royong, bernalar kritis, kreatif, dan mandiri.

 

References

Amanda, Mentari Ocvilia, Rudi Salam, and Said Saggaf. 2017. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep.” Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial 2:150.

ARIFIN, SYAMSUL, and MOH. MUSLIM. 2021. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Penggerak Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):10228–33.

Cahyani, Lilia Indah, and Jurusan. 2018. “Pendidikan Karakter, Kedisiplinan, Kepala Sekolah.” 2(1):1–7.

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):1224–38. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Istinah, Anif dan Rini Puji Astuti. 2021. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pelajar Pancasila.” Jurnal Politik Hukum Sosial Budaya Dan Pendidikan 19(2):202–7.

Kadarsih, Inge, Sufyarma Marsidin, Ahmad Sabandi, and Eka Asih Febriani. 2020. “Peran Dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(2):197. doi: 10.31004/edukatif.v2i2.138.

Lubaba, Meilin Nuril, and Iqnatia Alfiansyah. 2022. “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Sains Dan Teknologi 9(3):2022–2687.

Nahdiyah, Umi, Imron Arifin, and Juharyanto Juharyanto. 2022. “Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau Dari Konsep Kurikulum Merdeka.” Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As).

Patilima, Sarlin. 2022. “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 0(0):228–36.

Rachmawati, Nugraheni; Arita Marini; Maratun Nafiah; Iis Nurasiah. 2021. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):3613–25.

Rosyadi, Yogi Irfan, and Pardjono Pardjono. 2015. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 3(1):125. doi: 10.21831/amp.v3i1.6276.

Sholeh, Muhamad. 2017. “Keefektifan Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan 1(1):3. doi: 10.26740/jdmp.v1n1.p41-54.

Usman, Husaini. 2014. “Peranan Dan Fungsi Kepala Sekolah/Madrasah.” Jurnal Ptk Dikmen 3(1):2.

Wahyudin, Wahyudin. 2018. “Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan 6(2):249–65. doi: 10.24090/jk.v6i2.1932.

Yeni Puspitasari, Tobari, Nila Kesumawati. 2021. “PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU.” 6(1):90.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Dwi Nur Indah Sari, Rahma Sabilla, & Farid Setiawan. (2023). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 75–88. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.947