EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOMUNITAS PONPES YPI ANNUR GARUT

Authors

  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Cucu Amirah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Rivatul Mahmudah Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.973

Keywords:

Evaluasi Program Komputer di BLK Komunitas Ponpes Annur Garut

Abstract

. Evaluasi program yang dilaksanakan baik di lembaga formal maupun nonformal bertujuan untuk memberikan masukan, kajian, dan pertimbangan dalam menentukan apakah program tersebut layak untuk diteruskan atau tidak. Namun pada kenyataannya, karena keterbatasan waktu pada pelaksanaan program di lembaga pelatihan dan kursus, evaluasi program dilakukan tanpa benar-benar objektif. Artinya, ketika sudah melakukan penilaian, dianggap sudah melakukan evaluasi. Padahal penilaian cenderung hanya melihat nilai, sedangkan evaluasi program lebih ke pertimbangan hasil yang bermutu, contohnya keterampilan yang benar-benar dimiliki oleh siswa. Jadi, evaluasi program sangat penting dilaksanakan agar lulusan lembaga pelatihan dan kursus bisa lulus dengan nilai baik dan disertai keterampilan yang mumpuni, sehingga tidak gagap ketika terjun di dunia kerja. Sebagaimana misalnya terkait salah satu evaluasi program pelatihan di BLK Komunitas Pondok Pesantren YPI Annur yakni mengenai pelatihan komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah bahwa bahan materi belajar komputer telah dirancang dan disusun berdasarkan dengan kebutuhan belajar masyarakat dan kebutuhan dunia kerja terutama dalam bidang per komputeran. Berdasarkan evaluasi produk, program pelatihan komputer dapat dikatakan sudah baik, dibuktikan dengan adanya peningkatan kualitas yang sudah didapatkan oleh peserta didik dan persentase kelulusan peserta didik adalah 100%. Hasil evaluasi program pelatihan komputer di BLK Komunitas Ponpes YPI Annur Garut adalah bahwa program pelatihan komputer dapat dilanjutkan dengan lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia serta meningkatkan kualitas program pelatihan dan kualitas fasilitas ruangan program pelatihan komputer. Hal tersebut guna menghasilkan kualitas serta kuantitas lulusan yang benar-benar memiliki kompetensi dan profesional dibidang komputer.

Kata kunci

References

Al Adhim, T. (2015). Evaluasi Program Pelatihan Instalasi Penerangan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Pati. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3).

Ernawati, Y., & Suyantiningsih, S. (2020). Studi evaluasi program pendidikan dan pelatihan komputer di balai latihan kerja kabupaten bantul. Epistema, 1(1), 51-58.

Faisal, sanapiah. (2010). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan Dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.

Permen Ketenagakerjaan RI Nomor 21 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT/BLK.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susilawati, S., & Zulfiati, Z. (2016). Evaluasi Program Pelatihan Berbasis Kompetensi di Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan kerja Karawang (Penerapan Model Evaluasi Cippo). JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional), 2(1), 38-45.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berhubungan Dengan fungsi Pendidikan Nonformal.

Wirawan. (2011). Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Ayi Najmul Hidayat, Cucu Amirah, & Rivatul Mahmudah. (2023). EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOMUNITAS PONPES YPI ANNUR GARUT. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 129–141. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.973