PENGARUH KUALITAS LAYANAN, RISIKO YANG DIRASAKAN, KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT PERILAKU UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI BRIMO

Authors

  • Fhaif Yusron Afdillah Universitas Dian Nuswantoro
  • Mahmud Mahmud Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaemb.v3i1.872

Abstract

The purpose of the research was to determine the effect of service quality, perceived risk and trust on customers' interest in using the BRIMO application. This study uses a quantitative research design. Data obtained from distributing online questionnaires with Google Form. The sampling technique used is a purposive sampling technique. The number of samples used amounted to 100 respondents. In this study several tests were carried out such as validity tests, reliability tests, classic assumption tests, t-tests and F-tests with a significance value of 0.05. The results of the study prove that partially, the variables of service quality and trust have a positive effect on the intention to use the application, while perceived risk has a negative effect on the intention to use the application.

References

Akhlaq, A. dan Ahmed, E. (2013), "Pengaruh motivasi pada kepercayaan dalam penerimaan internet banking di negara berpenghasilan rendah", International Journal of Bank Marketing, Vol. 31 No.2, hal.115-125.

Afghani, Moh. Faqih,dkk. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, serta Kesadaran Nasabah Terhadap Adopsi e-banking di Bank BRI Surabaya. Journal of Business and Banking. Vol. 6, No. 1.

Benamati, J., Fuller, MA, Serva, MA dan Baroudi, J. (2010), "Mengklarifikasi integrasi kepercayaan dan TAM dalam lingkungan e-commerce: implikasi untuk desain dan manajemen sistem", Transaksi IEEE pada Manajemen Teknik, Vol . 57 No.3, hal.380-393.

Bussakorn, J. dan Dieter, F. (2005), “Strategi adopsi perbankan internet untuk negara berkembang: Boateng, P., Chen, Z. dan Ogunlana, SO (2016), “Kerangka kerja dinamis untuk mengelola kompleksitas risiko dalam megaproyek”, Jurnal Internasional Riset Teknologi dan Manajemen, Vol. 1 No.5, hlm. 1-13.

Chen, KH, Liu, HH dan Chang, FH (2013), "Faktor layanan pelanggan penting dan segmentasi pengunjung yang lebih tua dalam pariwisata kesehatan berdasarkan hotel sumber air panas", Jurnal Internasional Manajemen Perhotelan, Vol. 35 No.1, hal.122-132.

Clow, DKE, Baack, D. dan Fogliasso, C. (1998), "Mengurangi risiko yang dirasakan melalui isyarat kualitas layanan periklanan", Journal of Service Marketing, Vol. 16 No.1, hal.151-162.

Fishbein, M. dan Ajzen, I. (2010), Memprediksi dan Mengubah Perilaku: Pendekatan Tindakan Beralasan, Psychology Press, Taylor & Francis Group, New York, NY.

Gill, SA, Flaschner, BA dan Shachar, M. (2006), "Faktor yang mempengaruhi kepercayaan klien bisnis di bank mereka", Jurnal Internasional Pemasaran Bank, Vol. 24 No.6, hal.384-405.

Hapsara, Radityo Febri, 2015, “Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Resiko dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile banking (Studi pada nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Solo Kartasura)” skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Herlambang, Admaja Dwi,dkk. 2018. Minat Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Vol. 12, No. 01

Liebana-Cabanillas, F., Munoz-Leiva, F. dan Rejon-Guardia, F. (2013), "Penentu kepuasan dengan ebanking", Manajemen Industri & Sistem Data, Vol. 113 No. 5, hlm. 750-767.

Luo, X., Li, H., Zhang, J. dan Shim, J. (2010), "Meneliti kepercayaan multi-dimensi dan risiko multi-wajah dalam penerimaan awal teknologi yang muncul: studi empiris layanan mobile banking", Sistem Pendukung Keputusan, Vol. 49 No.2, hal.222-234.

Martins, C., Oliveira, T. Dan Popovi, A. (2014), “Memahami adopsi internet banking: teori terpadu penerimaan dan penggunaan teknologi dan penerapan risiko yang dirasakan”, International Journal of Information Management, Vol. 34 No.1, hlm. 1-13.

Montazemi, AR dan Qahri-Saremi, H. (2015), “Faktor yang mempengaruhi adopi perbankan online: studi pemodalan persamaan struktural meta-analitik”, informasi & Manajemen, Vol. 52 No.2, hal.210-226.

Nair, GK, Purohit, H. dan Choudhary, N. (2014), "Pengaruh manajemen risiko pada kinerja: studi empiris Bank Islam Internasional", International Journal of Economics and Financial Issues, Vol. 4 No.3, hal.549-563.

Nasri, W. Dan Charfeddine, L.(2012), “Faktor yang mempengaruhi adopsi internet banking di Tunisia: teori integrasi model penerimaan dan teori perilaku terencana”, Jurnak Penelitian Manajemen Teknologi Tinggi, Vol. 23 No. 1, 1-14.

Nimako, SG, Gyamfi, NK dan Wandaogou, AMM (2013), “Kepuasan pelanggan dengan kualitas layanan internet banking di industri perbankan ghanaian”, International Journal of Scientific and Technology Research, Vol. 2 No.7, hal.165-175.

Parasuraman, A., Zeithaml, VA dan Berry, LL (1988), "SERVQUAL: skala multi-item untuk mengukur persepsi konsumen tentang kualitas layanan", Journal of Retailing, Vol. 64 No. 1, hlm. 12-40.

Pisnik, KA dan Snoj, B. (2010), "Pengembangan, validitas dan keandalan kualitas layanan yang dirasakan di perbankan ritel dan hubungannya dengan nilai yang dirasakan dan kepuasan pelanggan", Managing Global Transitions, Vol. 8 No.2, hal.187-205.

Raisian, K., Minouei, A., Khosravi, A., Hashemi, A., Nilashi, M., Ibrahim, O., Zakaria, R. dan Nazari, M. (2014), “Pendekatan Multi Kriteria untuk model kepercayaan nasabah di internet banking: kasus bank UTM CIBM”, Life Science Journal, Vol. 11 No.6, hal.81-93.

Song, HL (2010), “Pengadopsian pelanggan internet banking: integrasi TAM dengan kepercayaan, risiko yang dirasakan, dan kualitas”, Konferensi Internasional tentang Jaringan dan Keamanan Informasi Multimedia,hal. 264-268.

Takieddine, S. Dan Sun, J. (2015). “Difusi perbankan internet: analisis tingkat negara”, Elektronik Penelitian dan Aplikasi Perdagangan, Vol. 14 No.5, hal.361-371.

Teo, TSH, Srivastava, SC dan Jiang, L. (2008), "Kepercayaan dan keberhasilan pemerintah elektronik: studi empiris", Jurnal Sistem Informasi Manajemen, Vol. 25 No.3, hal.99-132.

Yoon, HS dan Steege, LMB (2013). “Pengembangan model kuantitatif dampak kepribadian dan persepsi pelanggan pada penggunaan internet banking”, Komputer dalam Perilaku Manusia, Vol. 29 No. 3, hlm. 1133-1141.

Zafar, M., Zafar, S., Asif, A., Hunjra, AI dan Ahmad, HM (2012), "Kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas pelanggan: analisis empiris sektor perbankan di Pakistan", Manajemen Informasi dan Tinjauan Bisnis , Jil. 4 No.3, hlm. 159-167.

Published

2023-03-15

How to Cite

Fhaif Yusron Afdillah, & Mahmud Mahmud. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, RISIKO YANG DIRASAKAN, KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT PERILAKU UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI BRIMO. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/jaemb.v3i1.872