PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN, DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA KEUANGAN

Authors

  • Gilang Maulana Universitas PGRI Semarang
  • Qristin Violinda Universitas PGRI Semarang
  • Noni Setyorini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v3i1.1274

Keywords:

: literasi keuangan, inklusi keuangan, locus of control dan kinerja keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan, dan locus of control terhadap kinerja keuangan pada Usaha Kecil & Menengah (Ukm) di Kecamatan Grobogan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah Pelaku UKM di Kecamatan Grobogan, penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jumlah sampel 117 responden. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala likert yang kemudian diolah dengan alat analisis IBM SPSS Statistic Version 25 menggunakan analisis linier berganda. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan dan kinerja keuangan secara parsial, inklusi keuangan tidak berpengaruh terhada kinerja keuangan secara parsial, locus of control berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan (Y) secara parsial. Literasi keuangan, inklusi keuangan, locus of control memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja keuangan secara simultan dengan nilai f hitung 34,154 dan nilai signifikansi 0,000.

References

Aribawa, D., Atma, U., & Yogyakarta, J. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan. 20(1), 1–13.

Darmawan .A, Anisa, S., Fatma, B & Dwi, V. R. (2021). Pengaruh Faktor Demografi, Locus Of Control, Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan UMKM. Journal Ilmiah Akutansi Dan Keuangan 10 (2), 170-180,

Fitaria, A. F. (2019) Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusif Keuangan Syariah Dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Promgam IBM SPSS 25 (9th ed.). Undip.

Herleni, S., & Tasman, A. (2019). Pengaruh Financial Knowledge dan Internal Locus Of Control Terhadap Personal Financial Management Behaviour Pelaku Umkm Kota Bukittinggi. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha. 1 (01).

Hidayatulloh, I. (2020). Pengaruh Inklusi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Kabupaten Tegal.

Soetiono, K. S. S. C. (2018). Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia. PT Raja Grafindo Persada.

Sudiarta, I. P. L. E., Kirya, I. K., & Cipta, I. W. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Bangli. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherlan. 2022. Pengaruh Literasi Keuangan, Dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Keuangan Umkm (Pada Pelaku Usaha Umkm Di Jalan Perintis Kemerdekaan Dan Jalan Tentara Pelajar Kota Banjar Patroman). Sarjana Thesis, Universitas Siliwangi.

Trianto, A. (2017). Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Pt . Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim. Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(03)

Widyaningtiyas, S. (2022) Pengaruh Inklusi Keuangan, Literasi Keuangan, dan Kemampuan terhadap Kinerja Keuangan pada UMKM Knalpot di Purbalingga

Yanti, W. I. P. (2019). Pengaruh Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Kecamatan Moyo Utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Gilang Maulana, Qristin Violinda, & Noni Setyorini. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN, DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA KEUANGAN. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(1), 36–49. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i1.1274

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.