INOVASI APLIKASI ALPUKAT BETAWI DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI DKI JAKARTA

Authors

  • Retno Wahyuni Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v3i1.1275

Keywords:

Alpukat Betawi, Pelayanan Publik, Kependudukan dan Pencatatan Sipil,

Abstract

Memasuki era digitalisasi dan pandemi yang terjadi saat ini Masyarakat Ibu Kota Jakarta dituntut untuk mengerjakan segala sesuatu secara mobile. Hal itu menjadi tuntutan yang tidak disadari kabanyakan orang, sehingga memaksakan diri untuk memiliki alat komunikasi digital agar dapat menunjang segala keperluannya. Tak sedikit dari mereka yang keterbatasan kemampuan baik materil maupun imateril untuk memenuhi kebutuhan sekunder yang telah berubah menjadi kebutuhan premier saat ini.

Adanya pemberlakuan pembatasan sosial dan mobilisasi masyarakat membuat birokrasi harus tetap mampu menunaikan hak masyarakat dalam memberikan pelayanan. Inovasi dan adaptasi perlu dilakukan agar dapat memberikan layanan kepada masyarakat. Di masa pandemi Covid19, layanan elektronik digunakan dalam transformasi model pelayanan. Layanan dalam bentuk aplikasi Alpukat Betawi merupakan salah satu yang digunakan oleh Pemerintah Provisnsi DKI Jakarta. Aplikasi Alpukan Betawi ini menjadi sebuah inovasi serta adaptasi dalam memberikan layanan dalam hal pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Melalui tulisan ini penulis mencoba mendeskripsikan penggunaan layanan digital yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan dokumen catatan kependudukan kepada masyarakat Jakarta dengan aplikasi “Alpukat Betawi” (Akses Langsung Pelayangan Dokumen Kependudukan Cepat Dan Akurat).

References

Amrullah, Amri, dan Amanda, Gita. 2020. Layanan Kependudukan Online DKI Dimaksimalkan. Dari situs web: https://republika.co.id/berita/q7b4ua423/layanankependudukan-emonlineemdkidimaksimalkan

Bestari, Kirana Indah. 2020. Praktik kerja analisa aplikasi aplukat betawi dikelurahan kebon kosong berbasis web” Disertasi tidak diterbitkan. Jakarta: UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA.

Dinas Kependudkan Dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta. 2018. Website Alpukat Betawi. [Online] Tersedia: https://alpukat-dukcapil.jakarta.go.id/ . [10 Januari 2022].

Dyer, J. et.al. 2013. The Inovator’s DNA-Mastering The Five Skill of Disruptive Innovators. Penerjemah: Cornelius Trihendardi, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Husnul Abadi. 2021. Website Alpukat Betawi [Online] Tersedia: https://hot.liputan6.com/read/4681116/pengertian-internet-menurut-para-ahli-danmanfaatnya-bagi-kehidupan . [10 Januari 2022].

Husnul Abdi. 2021. Website Dukcapil DKI Jakarta, Tersedia [Online] Tersedia: kependudukancapil.jakarta.go.id . [10 Januari 2022].

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Muluk, K. M. R. (2008). Knowledge Management (Kuni Sukses Inovasi Pemerintah Daerah). Banyumedia.

Nugraha, Joko Tri,2018. “E-Government Dan Pelayana Public (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintahan Kabupaten Sleman “Volume 2, Nomor 32-42.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1994). Reassessment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality: Implications for Future Research. Journal of Marketing, 58, 111– 124.

Risnandar. 2019. “Analisis E-Government Dalam Peningkatan Pelayanan Public Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Propinsi Sulawesi Tengah”. Analisis E-Government Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sulawesi Tengah. Volume 1, Nomor 1.

Saparita, R. et.al. 2015. Membangun Inovasi untuk Kesejahteraan Masyarakat. Jakarta: Lipi Press.

Setiawan, W. (2017). E-Government. Badan Kepegawaian Dan Pengembangan SDM Daerah. https://bkpsdmd.babelprov.go.id/conte nt/e-government

Utomo, Tri Widodo W. 10 November 2017. https://www.slideshare.net/triwidodo wutomo/inovasi-pelayananadministrasi-kependudukan

Winarko, Koko Sigit, 2014. ”Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Penggunaan Smartphone Samsung Galaxy Series Dikota Palu.E- Journal Katalogis Volume 2 Nomor 7 Juli 2014,Hlm 34-46

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Retno Wahyuni. (2023). INOVASI APLIKASI ALPUKAT BETAWI DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI DKI JAKARTA. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i1.1275

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.