Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Branding Produk Sebagai Strategi Bisnis Meningkatkan Pendapatan UMKM Prima Global Mart

Authors

  • Suhardoyo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rohani Lestari Napitupulu Universitas Bina Sarana Informatika
  • Roydawaty Bunga Sihol Universitas Bina Sarana Informatika
  • Zahra Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.580

Keywords:

Kata Kunci: Branding usaha. Strategi bisnis, Pendapatan UMKM

Abstract

UMKM Prima Global Mart masih banyak menghadapi masalah termasuk penggunaan teknologi digital yang masih rendah. Serta kurang pengetahuan  dalam memanfaatkan  branding usaha  dalam memperkenalkan produk ke konsumen. para pelaku UMKM masih berfokus pada perdagangan produk tetapi masih belum menerapkan branding produk yang baik. ketidaktahuan dan minim pengetahuan , ego dan percaya diri yang berlebih serta  sifat tertutup para pelaku atas ide baru dan merasa cepat puas dengan cara berdagang yang telah dijalankan.Serta masih kurang familiar dengan penggunaan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan media sosial dalam mendukung perluasan dan jangkauan pasar atas produk yang dihasilkan. Untuk itu sebagai dosen dengan melibatkan mahasiswa membantu dengan meberikan solusi dengan mengadakan pengabdian masyarakat dengan sosialisasi dan pelatihan stretegi branding produk UMKM dalam menunjang kemantapan usaha dan menjangkau pasar yang makin luas, metide pelaksanaan dilaksankan secara off line yang dihadiri oleh pelaku usaha UMKM 19 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat diperoleh bahwa peserta pelaku usaha UMKM merasa puas dengan materi yang disampaikan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menggunakan branding produk sebagai ujung tombak atas produk yang dihasilkan serta dengan pelatihan pembuatan branding produk  dengan canva dengan mempraktekkan secara langsung telah meningkatkan kemampuan untuk membuat branding produk yang menarik sesuai dengan keiinginan sehingga mampu menciptakan loyalitas konsumen terhadap produk yang dihasilkan.. 

Kata Kunci: Branding usaha. Strategi bisnis, Pendapatan UMKM

 

 

References

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand

Bank Indonesia. (2022). Framework Pengembangan UMKM Bank Indonesia. Retrieved from https://www.bi.go.id/id/umkm/program-pengembangan-umkm/default.aspx

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/ttps://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Istriyani, Ratna, & Widiana, N. H. (2016). Etika Komunikasi Islam dalam Membendung Informasi Hoax di Ranah Publik Maya. Jurnal Ilmu Dakwah, 36(2).

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rizan, M., Saidan, B., & Sari, Y. (2012). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol SosroSurvei Konsumen Teh Botol Sosro di Food Court ITC Cempaka Mas, Jakarta timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1), 1–17.

Saifulloh, M. (2021). Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan, 1(1), 28–33.

Sari, W. K. S., & Hidayat, D. (2021). Digital Branding @ Arisancuankita Melalui Sosial Media Instagram. PERSEPSI: Communication Journal, 4(2), 193–207.

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

Suhardoyo, Elyana, I., Puspita, R., & Candrasari, A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial dalam Menunjang Kemandirian Remaja Panti Sosial Asuhan Anak ( PSAA ) Putra Setia. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 4(3), 61–68.

Susanti, E., & Oskar, D. P. (2018). Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Merek Umkm ( Studi Kasus : Pusat Oleh - Oleh Kota Padang ). Ikraith Ekonomika, 1(2), 116–130.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Suhardoyo, Rohani Lestari Napitupulu, Roydawaty Bunga Sihol, & Zahra. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Branding Produk Sebagai Strategi Bisnis Meningkatkan Pendapatan UMKM Prima Global Mart . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 277–288. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.580

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.