Pemberdayaan Masyarakat Pada Produksi, Pemasaran, dan MSDM Pada UMKM Gula Aren Asli Silangjana

Authors

  • Putu Juni Saputra
  • Kadek Priya Hermawan
  • Komang Trisna Sari Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Made Dwi Ferayani

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.615

Keywords:

Gula Aren, UMKM, Pendampingan

Abstract

Desa Silangjana merupakan salah satu desa yang terletak pada dataran tinggi di wilayah Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Mayoritas masyarakat di Desa Silangjana bekerja sebagai penyadap nira aren yang di olah menjadi gula aren secara tradisional.  Selain memiliki rasa manis yang khas Gula Aren Asli Silangjana juga memiliki fungsi  bagi masyarakat Siangjana, mulai dari olahan kuliner, teman minum kopi,  bahkan untuk berbagai ritual keagamaan.  Banyak masyarakat di daerah silangjana menginginkan Gula Aren Asli Silangjana sebagai bahan pelengkap sehari-hari. Berkaitan dengan proses produksi yang masih tradisional membuat masyarakat pengerajin gula aren kurang maksimal dalam proses produksi. Produksinya yang masih tradisional membuat waktu produksinya relative  lama. Dalam proses pemasaranya masyarakat desa Silangjana masih menjual hanya di pasar setempat. Pengerajin Gula Aren Asli Silangjana yang terkenal di desa Silangjana adalah UMKM milik ibu Kadek Sujati yang sudah memproduksi gula sejak tahun 1999. UMKM milik ibu Kadek Sujati ini masih mengabungkan uang produksi dengan uang sehari-hari sehingga belum diketahui secara pasti berapa penghasilan yang di peroleh dari produksi gula aren.  Beranjak dari hal itu, perlu adanya upaya pendampingan bagi masyarakat, terutama yang tergabung dalam UMKM milik ibu Kadek Sujati tersebut agar mampu mengelola prduksi dengan maksimal, memahami strategi pemasaran, dan mengelola rancangan keuangan yang baik. Pendampingan yang diberikan berupa bimbingan aspek pemasaran, produksi, melakukan pendampingan pembuatan laporan keuangan, sekaligus membuat produk baru hasil pengembangan, dan pengenalan produk dengan guide lokal untuk menambah jangkauan pemasaran produk dengan harapan produk Gula Aren Asli Silangjana dikenal di masyarakat luas

References

Ahyari, A. 2002, Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi Buku

,Edisi Keempat, Yogyakarta: BPFE UGM.

Amirullah, 2002.Effects of Temperature on Viscosity of gula aren (Concoction). Journal Engineering Vol 80: 423–430.

E Baharuddin.2005,.tentang aspek keuangan. Manajemen keuangan. Dan manajemen pemasaran , PT.Raja Grafindo Persada.

Hamid, Satim. 2017. Analisis Program Pemasaran Produk UMKM gula aren. Jurnal Manajemen.Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Setiavani, Gusti. Sugiyono. B. Ahza, Adil. (2005),. Teknologi Pengolahan dan Peningkatan Nilai produk gula aren Processing Technology and Nutritional Improvements of gula aren. Pangan, Vol. 29 No. 3 Desember 2018 : 225 – 234

Wijaya dalam Bailia, Soegoto dan Loindong (2014) manajemen Kualitas Jasa. Edisi1. Indeks. Jakarta

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Putu Juni Saputra, Kadek Priya Hermawan, Dewi, K. T. S., & Made Dwi Ferayani. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Pada Produksi, Pemasaran, dan MSDM Pada UMKM Gula Aren Asli Silangjana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 310–320. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.615

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.