PELATIHAN DASAR-DASAR LAYANAN PENAMPILAN DIRI DI RESTORAN BAGI YAYASAN EMMANUEL

Authors

  • Jimmy Situmorang Universitas Pelita Harapan
  • Vasco Goeltom Universitas Pelita Harapan
  • Nonot Yuliantoro Universitas Pelita Harapan
  • Rayyani Hassan Universitas Pelita Harapan
  • Steven Sunar Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.617

Keywords:

pengabdian kepada masyarat, personal grooming, pramusaji, restoran, pelatihan

Abstract

ABSTRAK

Potensi pariwisata yang terbilang besar ini dapat dilihat dari meningkatnya kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun nusantara dari tahun ke tahun menurut Statistik Kepariwisataan (2015). Aturan pemerintah dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia nomor PM.53/HM.001/MPEK/201 mengenai standar untuk menjamin kualitas produk dan layanan sebuah hotel atau restoran dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen. pelatihan dasar-dasar layanan di restoran bagi siswa Yayasan Emmanuel mengenai penampilan diri ini dilakukan dengan harapan dapat memberikan bekal secara teori dan praktik mengenai penampilan diri seorang pramusaji saat di restoran dan ketika berhadapan langsung dengan tamu. Pelaksanaan dilakukan secara daring melalui platform google meet sebagai penunjang kegiatan yang bisa diakses dengan mudah oleh setiap orang. Terdapat tahap persiapan dan tahap pelaksanaan (pelatihan daring). Kegiatan Pelatihan Dasar-Dasar Layanan Penampilan Diri di Restoran bagi Siswa/i Yayasan Emmanuel berjalan dengan baik dan sistematis sesuai dengan susunan acara yang sudah dibuat. Sesi pre-test dan post-test memiliki sepuluh pertanyaan yang sama. Oleh karena nilai signifikansinya kurang dari 0,05, maka membuktikan perbandingan nilai tersebut valid. Sehingga, diharapkan ada keberlanjutan dari kegiatan pelatihan ini agar siswa/i dapat memperdalam materi dengan lebih baik dan mempraktikkannya secara langsung pada bidang ini.

 

Kata Kunci: Dasar-dasar layanan, penampilan diri, pramusaji, pelatihan

 

References

Aruan dan Ellen. (2022). PENGARUH SUASANA RESTORAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS MAKANAN TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI KE RESTORAN VEGETARIAN DI KOTA BATAM. 5(2). 2008-2024. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.733

Badan Pusat Statistik. (n.d). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Kebangsaan (Orang), 2016-2018. https://www.bps.go.id/indicator/16/1821/3/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-ke-indonesia-menurut-kebangsaan.html

Denny, A., Liyushiana, dkk. (2021). PELATIHAN TATA KELOLA PARIWISATA DENGAN PENDEKATAN CHSE BAGI PELAKU PERHOTELAN DI KOTA MEDAN. 4(2). 292-299. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2

Hanum, Fitri Yunifar. (2021). Mengapa Grooming Penting Ketika Bekerja?. https://quadrasinergi.wixsite.com/quadrasinergi/post/mengapa-grooming-penting-ketika-bekerja

Hermawan, H., dkk. (2018). Upaya Mewujudkan Wisata Edukasi di Kampung Tulip Bandung. 45-54.

Jafar, Muhammad. (2018). PENGARUH ETIKA DAN PENAMPILAN PEGAWAI HOTEL TERHADAP PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PADA HOTEL FOUR POINT BY SHERATON MAKASSAR. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/1020-Full_Text.pdf

Jayani, Dwi Hadya. (2020). Pengunjung Restoran Meningkat di Kota-kota Besar Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/14/pengunjung-restoran-meningkat-di-kota-kota-besar-indonesia

Kemenparekraf. (2020). Statistik Usaha Restoran. https://kemenparekraf.go.id/statistik-usaha-restoran

Leewellyn, Vincent Sylvester, dkk. (2019). Peningkatan Kompetensi SDM Bidang F&B Service pada Usaha Makanan dan Minuman Di Kawasan Puncak Kab. Bogor. 2(1).

Putro, Shandy Widjoyo, dkk. (2014). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS KONSUMEN RESTORAN HAPPY GARDEN SURABAYA. 2(1). 1-9.

Salambue, R., dkk. (2020). PENGEMBANGAN DAYA TARIK OBJEK WISATA TELUK JERING KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. 4(1). 9-18.

Sitorus, N., Juliana, dan Aldo Leonardo. (2021). SOSIALISASI PERKEMBANGAN USAHA FOOD AND BEVERAGE DI MASA PANDEMI COVID-19 KEPADA SISWA-SISWI SMK PARIWISATA. 1(1). 134-147.

Yakup, Anggita Pratama dan Tri Haryanto. (2019). PENGARUH PARIWISATA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. 23(2). 39-47.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Situmorang, J., Goeltom, V., Yuliantoro, N., Hassan, R., & Sunar, S. (2022). PELATIHAN DASAR-DASAR LAYANAN PENAMPILAN DIRI DI RESTORAN BAGI YAYASAN EMMANUEL. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 329–335. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.617

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.