STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UMKM BINANGKIT KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Rian Andriani Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Willma Fauzzia Pasca Sarjana Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Mira Veranita Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Chairil M Noor Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Kristian Ismail Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Willma Fauzzia Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Fanny Agustina Hidayat Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Najip Hendra S Parino Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.659

Keywords:

UMKM, digital marketing, pemasaran

Abstract

Keberadaan UMKM dapat menenciptakan lapangan kerja dan memberdayakan rumah tangga untuk mendapatkan pendapatan.  UMKM memiliki peranan yang besar dalam pertumbuhan ekonomi, sebagai penyedia  lapangan  pekerjaan dan juga sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya pemberdayaan agar UMKM lebih berkembang dan mampu mendukung kestabilan perekonomian nasional. Di era teknologi sekarang ini, para pelaku UMKM hendaknya bisa memanfaatkan media digital  sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen  lebih mengenal  produk  yang  dihasilkan oleh UMKM tersebut. UMKM yang memiliki akses online, terlibat di media sosial, dan mengembangkan kemampuan e-commerce-nya, biasanya akan menikmati keuntungan bisnis yang signifikan baik dari  segi  pendapatan, kesempatan kerja, inovasi, dan daya saing. UMKM Binangkit adalah kelompok usaha yang berada di Desa Jelegong kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, kelompok usaha ini terdiri dari 27 unit usaha. Unit usaha yang tergabung dalam UMKM Binangkit bergerak dalam produksi makanan ringan seperti sumpia, basreng, pisang aroma dan lain-lain. Selama ini pemasaran yang dilakukan hanya berupa menjualnya secara tradisional misalnya menjual lagsung kepada pembeli, menitipkannya di warung atau mengikuti pameran. Agar penjualan produk dari UMKM Binangkit ini meningkat, program studi Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan merumuskan strategi melalui pemanfaatan digital marketing.

Kata kunci : UMKM, digital marketing, pemasaran

References

Hendriadi, A. A., Nurina, B. S., & Padilah, N. T. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Prabowo, W. A. (2018). PENGARUH DIGITAL MARKETINGTERHADAP ORGANIZATIONAL PERFORMANCE DENGANINTELLECTUAL CAPITAL DAN PERCEIVED QUALITYSEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDUSTRI HOTEL BINTANG TIGA DI JAWA TIMUR. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101─112

Sasongko, D., Rahma Putri, I., Nur Alfiani, V., Dyah Qiranti, S., Sinta Sari, R., & Elka Allafa, P. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Wardhana, A. (2015). Prosiding Seminar Nasional STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM DI INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan Dan Bisnis IV. https://www.researchgate.net/publication/327069950_STRATEGI_DIGITAL_MARKETING_DAN_IMPLIKASINYA_PADA_KEUNGGULAN_BERSAING_UKM_DI_INDONESIA

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Rian Andriani, Fauzzia, W., Mira Veranita, Chairil M Noor, Kristian Ismail, Willma Fauzzia, … Najip Hendra S Parino. (2022). STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UMKM BINANGKIT KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 356–359. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.659

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.