Pelatihan Dasar Menganalisis Data dengan Mengunakan Google Colab di SMA Muhammadiyah Kendari
DOI:
https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1163Keywords:
MBKM; SMA Muhammadiyah Kendari, bahasa pemrogrman Phyton; google colabAbstract
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan bentuk pelaksanaan menteri pendidikan dan kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Yang wajib dilakukan oleh mahasiswa, pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini adalah memberikan pengetahuan tentang dasar bahasa pemrograman phyton. Mata pelajaran informatika mencakup lima materi yang bakal menunjang kompetensi siswa di era revolusi industri 4.0. Yakni, teknik komputer, jaringan komputer/internet, analisis data, dampak sosial informatika, dan programming. Mata pelajaran Informatika sesuai dengan kebutuhan masa depan anak bangsa. SMA MUHAMMADIYAH KENDARI adalah salah satu SLTA yang siap menerapkan mata pelajaran informatika sebagai mata pelajaran utama (wajib) yang akan diterapkan secara serentak pada Tahun Pelajaran 2021/2022, dengan keterbatasan guru informatika (komputer) yang dimilki oleh SMA MUHAMMADIYAH KENDARI sehingga merasa perlu Siswa/I-nya untuk mendapatkan pembelajaran diluar dari pada jadwal belajar yang ada disekolah. Asistensi Mengajar yang kami lakukan yaitu memberikan pelatihan dengan materi diantaranya adalah dasar bahasa pemrograman phyton, aplikasi google colab dan pemrosesan data dengan menggunakan bahasa python. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab dan praktikum. Hasil dari pelatihan ini didapatkan bahwa para peserta pelatihan merasa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat menambah pamahaman serta keterampilan mereka dalam hal menggunakan google colab dan pemahaman bahasa pemrograman terutama bahasa pemrograman Phyton.
References
B. Haruna, S., Arni, S., & Harmin, A. (2020). PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PkM) BAGI DOSEN STMIK PROFESIONAL (S. Arni & A. Harmin, Eds.). Pusat Penelitian Pengabdian (P3M) STMIK Profesional.
Hardyanto, R. H. (2017). Konsep Internet Of Things Pada Pembelajaran Berbasis Web Jurnal Dinamika Informatika,6(1),87–97.Maharani, R. P. (2018).PengaruhPersepsiSiswaDengan Dihapusnya Mata PelajaranTIKTerhadapMotivasiBelajar
TIK Siswa Secara Mandiri Di SMA Negeri 1 Sewon [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Repository.Usd.Ac.Id. https://repository.unsri.ac.id/12539/ Nelson, M. J., & Hoover, A. K. (2020).NotesonUsing GoogleColaboratory in
AIEducation. Annual Conference onInnovation and Technologyin Computer Science Education,ITiCSE,533–534.https://doi.org/10.1145/3341525.3393997
Pikiran Rakyat.com, 2019. (2019). https://www.pikiran- rakyat.com/pendidikan/pr- 01300880/2019-informatika-akan-jadi- mata-pelajaran-utama-di-smp-dan-sma- 429683.
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2017). Perkembangan keilmuan teknik industri menuju era industri 4.0. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC,2017(October), 500.
https://www.researchgate.net/profile/HoediPrasetyo/publication/328600510_Perkembangan_Keilmuan_Teknik_Industri_Menuju_Era_Industri_40/links/5bd7e7c1299bf1124facfead/Perkembangan-Keilmuan- Teknik-Industri-Menuju-Era-Industri- 40.pdf
Sukindar. (2016). Kelebihan Bahasa Pemrograman Python. Teknojurnal.com, https://teknojurnal.com.kelebihan-bahasa-pemrograman-Python/, diakses Juli 2021. Teknojurnal.Com.
Wiryawan, R. A., & Rosyid, N. R. (2019). Pengembangan Aplikasi Otomatisasi Administrasi Jaringan Berbasis Website Menggunakan Bahasa Pemrograman Python. Simetris, 10(2), 1–12.