Edukasi Tablet Tambah Darah Selama Kehamilan Di Puskesmas Kecamatan Sumbawa Unit II

Authors

  • Luh Putu Sri Yuliastuti STIKES Griya Husada
  • Galuh Permatasari STIKES Griya Husada
  • Gladeva Yugi Antari STIKES Griya Husada

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1189

Keywords:

tablet tambah darah, anemia, kehamilan, pengetahuan

Abstract

Anemia pada ibu hamil adalah suatu keadaan dimana kadar hemoglobin dalam tubuh kurang dari 11 gr/%. Penyebab anemia antara lain kekurangan zat besi, asam folat, kekurangan mineral dan vitamin seperti vitamin B12, vitamin C dan adanya penyakit infeksi. Selama kehamilan, pencegahan dan penanganan pertama pada anemia adalah dengan memberikan tablet tambah darah. Tujuan kegiatan ini yaitu mendampingi mahasiswa kebidanan dalam memberikan edukasi ibu hamil tentang cara minum tablet tambah darah di Puskesmas Kecamatan Sumbawa Unit II. Rencana kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan edukasi langsung pada ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan. Pelaksanaan kegiatan ini sesuai tujuan yaitu dapat menambah pengetahuan ibu hamil tentang tablet tambah darah serta menambah kompetensi mahasiswa dalam melakukan penyuluhan. Dengan kegiatan ini diharapkan dalam jangka panjang dapat mengurangi komplikasi pada ibu dan bayi oleh karena penyakit atau kondisi yang dapat dicegah dengan konsumsi tablet tambah darah.

References

Apriliani, R. (2019). Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Ny ‘N’ Dengan Kekurangan Energi Kronik Di Puskesmas Tanjung Karang. Mataram: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mataram.

Fatkhiyah. (2018). Faktor Resiko Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Slawi Kabupaten Tegal). E-Journal STIKES Bhakti Mandala Husada Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal Vol. 2 No.2.

Katrinalit, M. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Dengan Kepatuhan Kunjungan Kehamilan Di Puskesmas Banjar Serasan Kota Pontianak. E-Journal Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak Vol. 10 No. 1.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Bagi Ibu Hamil Pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Mandang, J. (2014). Asuhan Kebidanan Kehamilan. Bogor: In Media.

Pradana, R. (2014). Analisis Kecacingan Pada Ibu Hamil Dengan Anemia Di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Surakarta.

Yuliastuti, L. P., & Widiarta, I. M. (2022). Penyuluhan Anemia dan Pemeriksaan Hemoglobin Pada Ibu Hamil Trimester I Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Labuhan Sumbawa. Jurnal Pengabdian Mandiri, 349-354.

Yuliastuti, L. P., Agustikawati, N., & Setianingsih, F. (2022). Efektivitas Konsumsi Daun Ubi Jalar Ungu Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Darah Ibu Hamil Trimester Pertama. Jurnal Ilmu Kebidanan, 62-68.

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Luh Putu Sri Yuliastuti, Galuh Permatasari, & Gladeva Yugi Antari. (2023). Edukasi Tablet Tambah Darah Selama Kehamilan Di Puskesmas Kecamatan Sumbawa Unit II. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1189