Sosialisasi Pelatihanan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Kreativitas Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 1 Pantai Labu

Authors

  • Samuel Juliardi Sinaga Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Maya Lestari Sirait Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Musicka Rezeky Hutabarat Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Herdika Jaya Harefa Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Handayani Purba Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Yeni Erlika Simorangkir Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Sony Brando Martua Matondang Universitas HKBP Nommensen, Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1195

Keywords:

Aplikasi canva, literasi digital, kreativitas belajar

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat membuat literasi digital menjadi hal yang penting untuk dikuasai, terutama bagi peserta didik. Salah satu aplikasi desain grafis yang dapat membantu meningkatkan literasi digital dan kreativitas belajar peserta didik adalah Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan sosialisasi pelatihan penggunaan aplikasi Canva kepada siswa/siswi kelas X dan XII RPL di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Metode yang digunakan adalah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh tim pengabdian. Materi pelatihan meliputi pengenalan aplikasi Canva, cara mengunduh dan mengaplikasikannya, serta pembuatan desain poster, logo, dan spanduk. Setelah mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari tim pengabdian, siswa/siswi mampu mengoperasikan aplikasi Canva dengan baik dan dapat membuat desain-desain yang kreatif. Kegiatan PkM ini membantu siswa/siswi dalam mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan desain grafis dan juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia kerja di masa depan yang semakin mengutamakan literasi digital. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi institusi pendidikan lain dalam memperkenalkan dan melatih penggunaan aplikasi Canva kepada peserta didik.

 

References

Bakrie, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan pembuatan materi presentasi dan video pembelajaran menggunakan aplikasi canva kepada guru di Kota Medan dan Jayapura secara online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1-10.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.

Irsan, I., Pertiwi, A., & Fina, R. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412-1417.

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202.

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180.

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 tegalampel bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).

Soenarno, A. (2005). Ice Breaker permainan atraktif edukatif untuk pelatihan manajemen.

Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwim, A. (2022). Pelatihan pemanfaatan canva dalam mendesain poster. FORDICATE, 1(2), 192-199.

Downloads

Published

2023-03-03

How to Cite

Samuel Juliardi Sinaga, Maya Lestari Sirait, Musicka Rezeky Hutabarat, Herdika Jaya Harefa, Handayani Purba, Yeni Erlika Simorangkir, & Sony Brando Martua Matondang. (2023). Sosialisasi Pelatihanan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Kreativitas Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 1 Pantai Labu. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 34–43. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1195