Inovasi Produk Unggulan Masyarakarakat Pesisir Melalui Olahan Keripik Kulit Ikan Teponteh (Buntal) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Branta Pesisir Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan

Authors

  • Achmad Taufik Universitas Madura
  • Hasbullah Hasbullah Universitas Madura
  • Syaiful Anam Universitas Madura
  • Mohammad Rudiyanto Universitas Madura
  • Syaiful Syaiful Universitas Madura
  • Fredy Yunanto Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1229

Keywords:

Inovasi, Keripik Kulit Ikan

Abstract

Branta Pesisisr, Kecamatan Tlanakan, Provinsi Pamekasan, untuk mewujudkan masyarakat pesisir yang sejahtera diperlukan kreativitas dan inovasi untuk mendorong dan menjaga ketahanan pangan guna memberikan solusi yang efektif untuk pengentasan kemiskinan.Menurut temuan peneliti dan peserta KKN Unira di desa pesisir Branta, masih terdapat kendala yang harus diatasi, antara lain sebagai berikut: sistem ekonomi masyarakat masih bergantung pada alam, hasil olahan masih tradisional, dan pemasaran produk masih dilakukan. manual karena keterbatasan modal dan perizinan. Metode yang digunakan merupakan perpaduan antara pengetahuan peserta KKN dan DPL. Serta pendekatan berdasarkan prinsip bahwa pengetahuan, teknologi, dan inovasi yang diterima masyarakat desa Branta Pesisir harus melalui proses mendengarkan, memahami, mencoba, mengevaluasi, menerima, dan menerapkan. Hasil pelaksanaan PKM in menunjukkan masyarakat Desa Branta Pesisir mampu merencanakan dan menganalisis pengembangan produk unggulan, serta mengembangkan inovasi baik dalam proses produksi maupun produk akhir.

References

Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pamekasan.

Jasin, Fattah. 2014. Dokumentasi Hasil Pelaksanaan Pembangunan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Timur Tahun 2015. Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur.

Khoirul Agus. 2021. Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Triwulan III-2021 Badan Pusat Statistik jawa timur. Hal 2-3

Radjasa, Ocky K. 2017. Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi XI. DP2M Dikti. Jakarta.

Helena Alfa dkk. 2021. Inovasi potensi pangan kacang kedelai : dari olahan produk hingga pemasaran online. Jurnal atma inovasia. Vol 1 nomer 3. Yogyakarta. Hal 402-408

Agam & Hanung. 2015. Lonawarta Majalah Semi-Populer. Volume XXI nomor 2. LIPI. Pusat Penelitian Laut Dalam Ambon.Hal 38.

Gudono (2014), Teori Organisasi. CV. Andi Offset. Yogyakarta. 258

Murdiyanto Eko (2008), Sosiologi Perdesaan : Pengantar Untuk Memahami Masyarakat Desa. UPN “Veteran” Yogyakarta Press. 70-71

Suryanti dkk. 2019. Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu. UNDIP Press. Hal 20.

Saebani Beni Ahmad, (2017). Sosiologi Pembangunan. CV. Pustaka Setia. Bandung, 10-13

Siti. 2019.Sosiologi Masyarakat Pesisir. Taman Karya. Pekan Baru. Hal 48

Sufi. 2019. Strategi Pemberdayaan dan Peningkatan Masyarakat Nelayan. Animal Press. Semarang. Hal 15-16

Mohammad Amir Furqon, M. A. Q. (2018). Issn 1412-2936. Manajemen & Kewirausahaan, 3(1), 108–212.

Nasehatul Khoiriyah. 2017. Strategi Bauran Pemasaran Kerajinan Tenun Ikat Pinggang Pada CV. Silvi MN Paradil Di Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Vol 11 nomer 1. Jurnal Pendidikan ekonomi. Hal 91-98

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Achmad Taufik, Hasbullah Hasbullah, Syaiful Anam, Mohammad Rudiyanto, Syaiful Syaiful, & Fredy Yunanto. (2023). Inovasi Produk Unggulan Masyarakarakat Pesisir Melalui Olahan Keripik Kulit Ikan Teponteh (Buntal) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Branta Pesisir Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1229