Pendampingan Guru Sekolah Penggerak Dalam Menganalisis Prinsip Asesmen dan Prinsip Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Raja Ritonga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Rosni Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1262

Abstract

Sekolah penggerak mendorong bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada peserta didik dengan mengaplikasikan profil pelajar Pancasila. Oleh karena itu, komite pembelajaran pada sekolah penggerak selalu berusaha melakuakan asesmen untuk menemukan pola yang tepat untuk diterapkan pada masing-masing peserta didik. Pengalaman belajar yang memberikan dampak positif pada kelas tertentu akan sangat bermanfaat untuk diterapkan pada kelas yang lain. Setiap komite pembelajaran mempunyai metode dan strategi jitu untuk penguasaan kelas dalam proses pembelajaran. Tujuan pengabdian ini adalah untuk melakukan pendampingan kepada guru penggerak atau komite pembelajaran dalam melakukan analisis terkait prinsip asesmen dan prinsip pembelajaran. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode andragogy atau pembelajaran bagi orang dewasa dengan konsep lokakarya terpadu program sekolah penggerak. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta kegiatan atau guru penggerak telah mampu melakukan analisis terhadap prinsip asesmen dan prinsip pembelajaran. Oleh karena itu, peserta mampu menemukan pola dan strategi baru dalam melakukan pembelajaran yang lebih bermakna.

References

Isrofin, B. (2019). Teknik Asesmen Kebutuhan Peserta Didik (pp. 7–68). https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/BimbinganKonseling/Modul Pembelajaran/Bimbingan Konseling - PB1.pdf

Kemdikbud. (2021). Materi pelatihan program sekolah penggerak. In Dirjen GTK Kemdikbud. Dirjen GTK Kemdikbud.

Kristiawan, M. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. In UPP FKIP Univ. Bengkulu. Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.

Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M., & Harahap, R. (2022). PENGUATAN KOMPETENSI SOSIAL-EMOSIONAL BAGI KEPALA SEKOLAH. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 309–315.

Ritonga, R., Harahap, R., & Lubis, R. (2022). Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 995–1002. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8666/4636

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirjen GTK Kemdikbud.

Yogi Anggraena, Dion Ginanto, Nisa Felicia, Ardanti Andiarti, Indriyati Herutami, Leli Alhapip, D. S. (2022). Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013. Dirjen GTK Kemdikbud.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Ritonga, R., Harahap, R., & Adawiyah, R. (2023). Pendampingan Guru Sekolah Penggerak Dalam Menganalisis Prinsip Asesmen dan Prinsip Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka . KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 164–174. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1262