Pengaruh Eksternal Pressure, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Financial Statement Fraud

Authors

  • Adelia Eka Resimasari UniversitasMuhammadiyah Tangerang
  • Dirvi Surya Abbas UniversitasMuhammadiyah Tangerang
  • Hesty Ervianni Zulaecha Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Imam Hidayat Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.55606/optimal.v3i1.931

Keywords:

Tekanan Eksternal, Leverage, Ukuran Perusahaan, Penipuan Laporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang efektivitas tekanan eksternal yaitu leverage, dan rasionalisasi dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan. Variabel fraud triangle yang digunakan adalah tekanan dengan proksi external pressure (LEVERAGE), dan financial statement fraud (M-Score), dan rasionalisasi dengan proksi rasionalisasi (TATA). Dalam penelitian ini untuk mendeteksi kecurangan laporan keuangan digunakan proksi manajemen laba dengan akrual diskresioner sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah BEI tahun 2017-2021. Analisis data yang dilakukan adalah tekanan eksternal (LEVERAGE), rasionalisasi (TATA) berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan, sedangkan tidak berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan.

 

 

References

AICPA, SAS No. 99.2002. “Consideration of Fraud in a Financial Statement Audit, AICPA”. New York.

Elder, Randal J., Beasley. M. S., Arens. Alvin. A., dan Jusuf. A. A. 2011. Jasa Audit dan Assurance: Audit Kecurangan, buku I h. 372-393. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro..

Molida, Resti. 2011. Pengaruh Financial Stability, Personal Financial Need dan Ineffective Monitoring pada Financial Statement Fraud dalam Perspektif Fraud Triangle. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Thoyibatun, Siti. 2009. AnalysingThe Influence of Internal Control Complience and Compensation System Against Unethical Behavior and Accounting Fraud

Nguyen, Khanh. 2008. ”Financial Statement Fraud: Motives, Methodes, Cases and Detection.” Dissertation.com:

Florida Rezaee, Z. 2002. Financial Statement Fraud: Prevention and Detection. New York:

John Wiley & Sons, Inc Santoso, Singgih. 2012. Analisis SPSS Pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Salman, Khairansyah. 2005. “Audit Investigatif: Metoda Efektif dalam Pengungkapan Kecurangan”. PPA UGM, Yogyakarta. Sihombing, Kennedy S.2014. Analisis Fraud Diamond dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010- 2012. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Skousen, C. J., K. R. Smith, dan C. J. Wright. 2009. ”Detecting and Predecting Financial Statement Fraud: The Effectiveness of The Fraud Triangle and SAS No. 99.” Corporate Governance and Firm Performance Advances in Financial Economis, Vol. 13, h. 53-81.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Adelia Eka Resimasari, Dirvi Surya Abbas, Hesty Ervianni Zulaecha, & Imam Hidayat. (2023). Pengaruh Eksternal Pressure, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Financial Statement Fraud. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.55606/optimal.v3i1.931