Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahaan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Kornelia Ramayana IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana IKIP PGRI Pontianak
  • Rahman Haryadi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1063

Keywords:

Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar, SPLDV

Abstract

. Penelitian ini menggunakan penelitian metode deskriptif. Dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII berjumlah 23 siswa. tempat penelitian di SMPN 2 Sebangki Kecamatan Sebangki, Dusun Senunuk, Desa Agak. Dalam penelitian ini hanya mengambil tiga kelompok peserta didik kelompok tinggi, sedang dan rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis, angket, dan wawancara. Berdasarkan perhitungan angket didapatkan hasil kelompok tinggi dengan kriteria X ≥ 77,49 yaitu ada 2 siswa, kelompok sedang dengan kriteria 67,29 ≤ X < 77,49 yaitu ada 16 siswa, dan kelompok rendah dengan kriteria X < 67,29 yaitu ada 5 siswa. Sedangkan pada perhitungan hasil tes, kelompok tinggi dengan kriteria X ≥ 11,64 yaitu ada 9 siswa, kelompok sedang dengan kriteria 9,56  ≤ X < 11,64 yaitu ada 5 siswa, dan kelompok rendah dengan kriteria X < 9,56 yaitu ada 9 siswa. berdasarkan hasil wawancara, responden siswa yang memiliki proses berpikir kritis siswa motivasi tingkat tinggi lebih baik dalam menyelesaikan soal dibandingkan siswa yang memiliki proses berpikir kritis motivasi tingkat sedang dan rendah.

 

 

References

Ahmad, E. (2018). Motivasi Belajar Siswa SMK N 1 Payakumbuh dalam Pembelajaran Renang. Jurnal Physical Education, Health And Recreation 2(2), 133–139

Alizamar. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran : Implementasi Dalam Bimbingan Kelompok Belajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Media Akademi

Anas, S. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science,4 (6), 722-732.

Benyamin, Abd., Qohar, & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLDV.Jurnal Pendidikan Matematika,5(2), 909-922

Carnita, D. R. A. (2019). Analisis Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Muhammadiyah Malang. Skripsi S1 Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fauziyatun, N. (2014). Faktor-faktor yang melatarbelakangi rendahnya motivasi belajar siswa kelas IX smp negeri 22 semarang tahun ajaran 2013/2014. Skripsi S1 Pendidikan. Universitas Negeri Semarang

Hamzah, B. U. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Karim, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 92-104

Kuswana, S.W. (2013). Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lestari, K.E, & Yudhanegara, M.K. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

Lina, W., & Meri, A. (2017). Analisis Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika (Online), 3(1), 90–99

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran .Remaja Rosdakarya:Bandung

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,1(1), 110-117.

Murtiyasa, B., & Amini, D.A. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika di Era Covid-19. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,10(3), 1554-1563.

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nugraha, A.J, Suyitno, H. & Susilaningsih, H. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Educatication, 6(1): 35-43.

Nurazizah, S. & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta didik pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 364.

Palupi, R. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMP N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2).

Puspitasari, D. B. (2013). Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi,1(1).

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Safitri, Z., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3222-3238.

Siti, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (online). Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi,3(1),73–82.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E.P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yasa, E. P. E., Alifiani, & Walida, S. E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar.. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Pembelajaran.3,(16).

Zarkasyi, W. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Kornelia Ramayana, Dwi Oktaviana, & Rahman Haryadi. (2023). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahaan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa . Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 01–16. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1063

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.