Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Mohammad Natsir Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Indonesia (Studi Kasus Di Pondok Psantren Al-Fatah)

Authors

  • Siti Nurhasanah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Rani Febrianni STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Muhammad Saleh STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1065

Keywords:

Pendidikan Islam, Pemikiran Mohammad Natsir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pemikiran Muhammad Natsir tentang pembaruan pendidikan di pesantren Al fatah tanjung Pura. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseach) dengan pendekatan pendekatan filosofis. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muhammad Natsir mengemukakan pemikirannya tentang pembaruan pendidikan Islam, yaitu Pertama, peran dan fungsi pendidikan Islam yang pada intinya memberi perhatian lebih pada aspek afektif peserta didik serta menjauhkan setiap hal yang dapat menghambat potensi yang dimilikinya, Kedua, Integrasi ilmu umum dengan ilmu pendidikan agama Islam dalam satu kurikulum, Ketiga,  Tauhid sebagai landasan pendidikan Islam serta mewujudkan manusia yang mengabdi kepada Allah swt. sebagai tujuan pendidikan Islam, 4) Pendidikan kepemimpinan dalam lembaga pendidikan. Adapun implementasi pemikiran Muhammad Natsir tentang integrasi ilmu umum dengan ilmu agama Islam dalam satu kurikulum telah berjalan dengan baik. Indikatornya adalah dalam penyusunan kurikulum, pesantren Al fatah tanjung Pura  menggunakan tiga kurikulum yang disatukan, dari tiga kurikulum tersebut terdapat mata pelajaran umum serta mata pelajaran agama Islam seperti tahfidz dan mentoring.

 

References

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Hairul Fauzi. (2015). Konsep Pendidikan Islam Integral Menurut Muhammad Natsir. Jakarta: Kajian LKP2M Periode .

Harahap, S. (2018). Metodologi iStudi Tokoh Pemikiran Islam. Jakarta: Istiqomah Mulya Press.

Jati, S. I. ( 2013). Menuju Masyarakat Belajar. Menggagas Paradigma Baru Pendidikan . Jakarta : Paramadina,.

Kamaluddin, M. (2019). Mohammad Natsir Rekontruksi terhadap pemikirannya tentang pendidikan. Makasar : Pustaka Almaida.

Muwahid. ( 2018). Manajemen pendidikan islam . yogyakarta: teras .

Rusman, A. ( 2019). Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik, . Jakarta: Pustaka Learning Center Malang.

Siswanto. ( 2015 ). Pendidikan Islam dalam Dialektika Perubahan. Surabaya : Pena Salsabila .

Waluyo. (2018). Pendidikan Islam Dalam Pandangan M.Natsir. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 2 Nomor 1, Juni 2021 ISSN: 2723-4894 (cetak), ISSN: 2723-4886 .

Wijayati, R. ( 2015). Perbandingan Pendidikan Islam Menurut Perspektif KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy ’Ari, . Ilmu Al-Qur’an (IQ) Jurnal Pendidikan Islam, 80-90.

yusanto, M. ( 2014). Menggags Pendidikan Islam . Bogor : Al Azhar Press.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Siti Nurhasanah, Rani Febrianni, & Muhammad Saleh. (2023). Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Mohammad Natsir Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Indonesia (Studi Kasus Di Pondok Psantren Al-Fatah). Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 25–35. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1065

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.