Analisis Miskonsepsi Matematika dengan Multiple Choice Diagnostic pada Materi Himpunan dengan Teknik Evaluasi Two Tier Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Kakap

Authors

  • Aisah Aisah IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI Pontianak
  • Hartono Hartono IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1066

Keywords:

Analisis Miskonsepsi, Motivasi Belajar, Himpunan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi matematika siswa dalam menyelesaikan Multiple Choice Diagnostik dengan teknik evaluasi Two Tier pada materi himpunan pada tingkat tinggi, sedang dan rendah kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini akan mendeskripsikan miskonsepsi matematika dalam Multiple Choice Diagnostic dengan teknik evaluasi Two Tier pada tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Adapun deskripsi datanya adalah Data Instrumen Angket Motivasi Belajar siswa, data tes pilihan ganda dua tingkat dan hasil wawancara. Kemudian dianalisis dan di pilih secara purpose samling, masing-masing 3 siswa dari tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih dan dijadikan subjek wawancara. Instrumen tersebut dilakukan oleh 3 orang validator yaitu 2 dosen dari IKIP-PGRI Pontianak dan 1 orang guru mata pelajaran. Setelah dinyatakan valid oleh 3 validator kemudian dilakukan uji coba instrumen. Persentase siswa yang mengalami miskonsepsi sebasar 47%, paham konsep sebesar 43%, yang teridentifikasi benar berdasarkan keberuntungan 7% dan mengalami tidak paham konsep 3%.

 

 

References

Hamzah, M. & Mahmudah, N. K. (2012). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Mts. Salafiyah Kota Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 1(2).

Hamzah. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Junari. 2017. Penyusunan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika Wajib Siswa Kelas X MIA MAN 1 Makasar. Makasar: Program Sarjana (Strata 1) di UIN Alaluddin Makassar

Kuntjojo. (2009). Metodologi Penelitian. Universitas Nusantara PGRI Kediri

Nawawi, H. (2015). Mertode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rizki, Ranti Anda. 2019. Pembelajaran Instrumen Evaluasi Two Tier Multiple Choice Untuk Mengukur Literasi Sains Peserta Didik Kelas X Menggunakan Personal Computer Pada Mata Pelajaran Biologi di Tingkat SMA/MA. lampung: Program Sarjana (Strata 1) di UIN Raden Intan Lampung.

Sudjono. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Bandung:Alfabeta Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pembelajaran Fisika. jakarta: PT. Grasindo Anggota Ikapi.

.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Aisah Aisah, Utin Desy Susiaty, & Hartono Hartono. (2023). Analisis Miskonsepsi Matematika dengan Multiple Choice Diagnostic pada Materi Himpunan dengan Teknik Evaluasi Two Tier Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 36–50. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1066

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.