Penerapan Metode Haflah Quran Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an Siswa Kelas VIII MTS Negeri 2 Langkat

Authors

  • Rani Dewi Mawarni STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Nurmisda Ramayani STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1081

Keywords:

Metode Haflah Quran, Pemahaman Al-Qur’an Siswa

Abstract

Kegiatan belajar dan mengajar bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 2 Langkat belum menerapkan metode Haflah Qur’an. Melainkan kegiatan belajar berlangsung hanya sebatas dalam kegiatan belajar di kelas dengan dibimbing oleh guru bidang studi. Tidak terlaksananya program Tahfiz qur’an di MTs Negeri 2 Langkat, sehingga membuat guru bidang studi Al-Qur’an Hadits hanya dapat melangsungkan pembelajaran Al-Qur’an sesuai dengan alokasi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di Madrasah. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan metode Haflah dalam meningkatkan kemampuan memahami Al-Qur’an di MTs Negeri 2 Langkat Besitang yaitu memberikan pengajaran menggunakan metode Haflah dengan memanfaatkan media belajar yang inovatif yaitu guru membentuk kelompok belajar siswa dengan membentuk lingkaran kemudian melakukan tes membaca, mendengarkan, guru membaca murid menirukan, guru membaca bersama-sama murid, dan juga tehnik baca simak dan juga di dukung peran guru yang lain sehingga kemampuan memahami siswa yang sebelumnya kurang menjadi meningkat lebih baik dari sebelumnya.

 

 

References

lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Maulana, R. (2022). Upaya Meningkatkan Metakognisi Siswa Melalui Metode E-Learning Di Era 5 . 0 Pada Mata Pelajaran Alqur ’ An Hadist Kelas Viii Mts Ppm Al-Fath Desa Air Hitam. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 302–310.

Raidatam Mardiyah, Nurmisdaramayani, S. W. (2022). Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur ’ An Di Pondok Pesantren Kampung Qur ’ An Pulau Banyak. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4).

Satria Wigua. (2019). Implementasi Methodbuzz Group Dalam Hasil Belajarluring Akidah Akhlak Di Kelas Viii Mtsmiftahul Jannah Tanjung Pura. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1, 150–161. Https://Doi.Org/10.47476/Reslaj.V1i2.373

Satria Wiguna. (2020). Keteladanan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter. As- Syar ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2, 216–227. Https://Doi.Org/10.47476/As.V2i2.589

Satria Wiguna, A. F. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Tahlilan Di Desa Batu Melenggang Kecamatan Hinai. Thawalib : Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 15–24.

Satria Wiguna, N. A. (2021). Implementasi Kurikulum Berkarakter Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Stabat. Joel : Journal Of Educational And Language Research, Vol 1 No 2(September).

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Rani Dewi Mawarni, & Nurmisda Ramayani. (2023). Penerapan Metode Haflah Quran Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an Siswa Kelas VIII MTS Negeri 2 Langkat. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 66–78. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1081

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.