Pengembangan Media Permainan Buy And Sell Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1270Keywords:
media permainan buy and sell, mind mapping, kemampuan bahasa.Abstract
Hasil observasi di lapangan bahwa 1) Guru dan siswa membutuhkan media permainan yang dapat meningkatkan bahasa anak. Media yang dimaksud adalah media yang terbuat dari bahan ringan, contohnya dari kayu dan plastic dan hemat serta mudah dibawa, selain itu media yang diharapkan dapat memberi daya tarik bagi anak dalam melakukan permainan dengan media tersebut. 2) Desain pengembangan media permainan buy and sell berbasis mind mapping terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama yaitu gambar mind mapping dengan kombinasi warna gambar mind mapping ini terdiri dari tiga jenis gambar yaitu gambar pada toko indah, toko ceria dan toko bahagia, kemudian buah-buah mainan yang dijual yang terdiri dari buah jambu, belimbing, pisang, sirkaya dan jeruk serta buah salak, kemudian kotak penjualan.
References
Arif, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran Mind Mapping berbasis perangkat lunak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X untuk meningkatkan …. http://digilib.uinsby.ac.id/38370/
Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., Lukiati, B., & Purnomo, A. R. (2020). Mind mapping in learning models: A tool to improve student metacognitive skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 4–17. https://doi.org/10.3991/IJET.V15I06.12657
Antawati, D. I. (2012). Membangun jiwa kewirausahaan pada anak usia dini dengan permainan tradisional pasaran. Majalah Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 21-34.
Bukhari, S. S. F. (2016). Mind Mapping Techniques to Enhance EFL Writing Skill. International Journal of Linguistics and Communication, 4(1). https://doi.org/10.15640/ijlc.v4n1a7
Dhieni Nurbiana, dkk. ( 2011 ). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka
Farhurohman, Oman. (2017). Hakikat Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 27-36, june 2017. ISSN 2685-1326.
Made Pratiwi Indriyani, I Nyoman Wirya, D. P. P. (2013). Penerapan metoda mind mapping berbantuan media. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 1–10.
Montolalu, T. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA SISWA. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, Tema: 4 No, 484–491.
Murti, H. A. S. (2020). Traditional game as a media to improve children`s interpersonal competence. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.24854/jpu43
Ni Wayan Satri Adnyani. (2018). METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE ( TPR ) UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA. 28–36.
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395
Pudjiastuti, S. R. (2018). Implementation of the Mind Mapping Model With Scattergories Game in Improving Creativity and Learning Outcomes in National Education Materials. Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 2(2), 22–24. https://doi.org/10.33751/jhss.v2i2.912
Puji Ika Rahayu, Niken Titi Pratitis, A. M. (2021). Efektifitas Pelatihan Problem Solving dengan Teknik Mind. 6, 329–338.
Sa’ida, N. (2018). PERKEMBANGAN REGULASI DIRI ANAK USIA DINI: PERANAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN REGULASI DIRI PADA PEMBELAJARAN. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Volume 5,(2), 75–16.
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Susanti, S. (2016). METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I(I), 25–37.
Tedi, W. (2015). Perubahan jenis permainan tradisional menjadi permainan modern pasa anak-anak di Desa Ijuk Kecamatan Belitang Hulu Kabupaten Sekadau. Sociologique, 3(4), 1-18.
Ulya, Himmatul; Istiandaru, A. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 171–179. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831
Utami, R. (2013). Penerapan permainan pasaran dalam pembelajaran matematika materi pokok aritmatika sosial. Delta, 1(2), 128-135
Wartomo. (2017). Membangun Budaya Literasi Sebagai Upaya Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 1–17. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36571/2/SAKINAH MAWADAH R-FAH.pdf
Widiana, I. W., & Jampel, I. N. (2016). Improving Students’ Creative Thinking and Achievement through The Implementation of Multiple Intelligence Approach with Mind Mapping. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(3), 246. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i3.4546
Wu, H. Z., & Wu, Q. T. (2020). Impact of mind mapping on the critical thinking ability of clinical nursing students and teaching application. Journal of International Medical Research, 48(3), 1–8. https://doi.org/10.1177/0300060519893225
Yubarika Fika, Sri Martini, L. F., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 50–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229