Peran Aparat Desa Dalam Penyaluran Dana Desa Penanggulangan Stunting Di Desa Sibalaya Barat Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi

Authors

  • Iin Puspita Sari Universitas Tadulako
  • Moh Ali Murad Universitas Tadulako
  • Harnida Wahyuni Adda Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1280

Keywords:

aparat desa, dana stunting, penurunan stunting, anak, pola asuh

Abstract

Stunting merupakan satu masalah kesehatan yang masih dihadapi bangsa indonesia. Stunting dapat berdampak pada kualitas generasi penerus bangsa di masa depan. Anak-anak yang mengalami stunting akan terhambat pertumbuhan otaknya sehingga kurang cakap dalam belajar. Ini akan menurunkan produktivitas dan kualitas hidupnya dimasa depan. Oleh karena itu percepatan penurunan stunting menjadi prioritas nasional Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran aparat desa dalam penyaluran dana stunting serta bagaimana peran aparat desa dalam penagulangan stunting di Desa Sibalaya Barat Kecamatan Tanmbulava Kabupaten Sigi, metode yang digunakan adalah kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penyaluran dana desa untuk penanggulangan stunting terealisasikan secara keseluruhan, namun dalam pencegahan stunting masih terdapat hambatan, karna kurangnya kesadaran dari masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan bersih. Hal hal yang harus di perbaiki agar program kegiatan yang dilakukan bisa lebih efektif menurunkan stunting

References

REFERENSI

Akhmadi, Muhammad Heru, and Iyas Theresia Pasaribu. 2020. “PERAN BELANJA NEGARA DALAM PROGRAM PENURUNAN STUNTING.”

Aryastami, Ni Ketut, and Ingan Tarigan. 2017. “Kajian Kebijakan Dan Penanggulangan Masalah Gizi Stunting Di Indonesia.” Buletin Penelitian Kesehatan 45(4):233–40.

Damayanti, Diana. 2021. “Implementasi Program Penurunan Stunting Melalui Dana Desa (Study Di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas).”

Prihatini, Dewi, and I. Nyoman Subanda. 2020. “Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa Dalam Upaya Pencegahan Stunting Terintegrasi.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 4(2):46–59.

Rahmadhita, Kinanti. 2020. “Permasalahan Stunting Dan Pencegahannya.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 9(1):225–29.

Saputri, Rini Archda. 2019. “Upaya Pemerintah Daerah Dalam Penanggulangan Stunting Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.” Jdp (Jurnal Dinamika Pemerintahan) 2(2):152–68.

Suhartono, Slamet, Ahmad Mahyani, Wiwik Afifah, Dwi Putri Sartika, and Risya Tatamara. 2020. “Implementation of Law Number 6 of 2014 Concerning Village for Budgeting Plan in Sidoarjo Regency.” Pp. 204–9 in International Conference on Law Reform (INCLAR 2019). Atlantis Press.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Iin Puspita Sari, Moh Ali Murad, & Harnida Wahyuni Adda. (2023). Peran Aparat Desa Dalam Penyaluran Dana Desa Penanggulangan Stunting Di Desa Sibalaya Barat Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 300–307. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1280

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.