Peningkatan Komitmen dan Kinerja Pendidik dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran melalui Teknik Praktek Umpan Balik di SDN Rekkerrek 3, Kec Palengaan, Kab Pamekasan

Authors

  • Ikariyani Ikariyani SD Negeri Rekkerrek 3

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1282

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, , kemampuan, kerja praktek, umpan balik.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berlakunya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi Pendidik Dalam Jabatan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Pendidik diwajibkan membuat RPP yang lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan peluang yang cukup bagi prakarsa, kreaifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dengan model Stephen Kemmis. Strategi Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik, dirancang dalam 3 (tiga) siklus. Hasil penelitian : 1). Terjadinya peningkatan komitmen pendidik-pendidik menyusun RPP inovatif, yaitu sebanyak 94% pendidik-pendidik mampu mencapai nilai 4,00-5,00 dalam skala 1-5, dan 2). Terjadinya peningkatan kemampuan pendidik-pendidik menyusun RPP Inovatif, yaitu sebanyak 88% pendidik mampu mencapai nilai 4,00-5,00 dalam skala 1-5. Kesimpulan penelitian ini, bahwa Strategi Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik dapat meningkatkan kinerja pendidik-pendidik  menyusun RPP Inovatif.

References

Agung, D., & Widiasih, P. (2021). Efektivias Pendekatan Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dakam Menyusun RPP. Journal of Education Action Research, 5(1), 139–144. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

ARIYANTIN, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Di Sdn Karangbendo 01 Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Melalui Praktek Dan Sistem Umpan Balik. Jurnal Merdeka Mengajar, 3790, 1–4.

Betti. (2017). Peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) inovatif melalui kerja praktek dengan teknik umpan balik di sd negeri 165726 tebing tinggi. Esj volume, 6(2), 115–124.

FAHRIZAH, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V Di Sdit Az-Zahra Pondok Petir Sawangan Depok Tahun Pelajaran 2013/2014. 132. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33125/1/mega fahrizah - 1110018300034 (watermark).pdf

Jalaluddin, M. (2018). Kompetensi supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru (Studi Pada SMP IT Al Amin Kuala Kapuas). Laporan Penelitian.

Koestiyati, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.

Maisaroh, S. (2023). Meningkatkan Komitmen Dan Kemampuan Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Masa Pandemi Melalui Praktek Dengan Teknik Umpan Balik Di SDN Brudu Jombang. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.192

Rahmawati, N. K. D., Mardiyah, R. R., & Wardani, S. Y. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mencegah Degradasi Moral Remaja. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 1(1), 134–144.

Sofyatiningrum, E., Sisdiana, E., Ulumuddin, I., Nur’Aini, F., & Sugilar, H. (2020). Bunga Rampai Umpan Balik Guru Terhadap Proses Dan Hasil Pembelajaran Siswa. https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id

Sudewo, B. (2016). Meningkatkan komitmen dan kemampuan para pendidik smpn 18 medan menyusun rpp inovatif melalui kerja praktek dengan teknik umpan balik. Inovatif, 3(1), 1–23.

Supriano. (2019). Bahasa Indonesia Sd Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Dan Pendidikan Khusus 2019.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Ikariyani Ikariyani. (2023). Peningkatan Komitmen dan Kinerja Pendidik dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran melalui Teknik Praktek Umpan Balik di SDN Rekkerrek 3, Kec Palengaan, Kab Pamekasan . Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 137–147. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1282

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.