Peningkatan Prestasi Belajar IPA Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Benda Isolator Dan Konduktor Melalui Metode Demontrasi Dan Eksperimen Siswa Kelas VI Semester I SDN Rekkerrek 3, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan

Authors

  • Sitti Hasanah SDN Rekkerrek 3

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1283

Keywords:

Mengidentifikasi Benda, Demontrasi, Eksperimen

Abstract

Pembelajaran yang efektif terjadi ketika semua tujuan pembelajaran terpenuhi semaksimal mungkin. Dengan aktif terlibat dalam pembelajaran mereka, siswa dapat meningkatkan kesempatan pendidikan mereka. Semakin besar jumlah siswa yang terlibat aktif dalam pembelajarannya, maka semakin besar pula prestasi belajarnya. Penelitian ini mengkaji bagaimana cara meningkatkan Prestasi Belajar IPA melalui penerapan Metode Demonstrasi dan Eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua siklus penelitian tindakan kelas karena semua siswa dapat mengidentifikasi isolator dan konduktor setelah dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan: rancangan kegiatan, observasi, refleksi, dan revisi. Siswa kelas VI semester 1 di SDN Rekkerrek 3 Kecamatan Palengaan menjadi fokus penelitian ini, dengan data berupa tes formatif, lembar observasi, dan lembar tugas. (LKS). Berdasarkan hasil analisis, kemampuan membedakan isolator dan konduktor meningkat dari siklus I ke siklus II yang diukur dari ketuntasan belajar siklus I (68,5) dengan tingkat ketuntasan 60% dan siklus II (95%). dengan skor rata-rata 75,5. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Metode Demonstrasi dan Eksperimen dapat memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa Kelas VI Semester I SDN Rekkerrek 3 Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan dan model pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif.

References

Agung, D., & Widiasih, P. (2021). Efektivias Pendekatan Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dakam Menyusun RPP. Journal of Education Action Research, 5(1), 139–144. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Dubey, U. K. B., & Kothari, D. P. (2022). Research Methodology. In Research Methodology. https://doi.org/10.1201/9781315167138

Indah Ratna Juista. (2021). Implementasi Aktivitas Belajar Siswa Dalam Menggunakan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) DI Sekolah Dasar Negeri 2 Pasar Manna Bengkulu Selatan (Issue March).

Mari, G. (2016). Peningkatan aktivitas dan hasil pembelajaran ipa menggunakan metode eksperimen pada sdn 04 pemahan ketapang.

Masumah. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Gaya. Foreign Affairs, 91(5), 1689–1699.

Mursalehah. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Baru Kecamatan Labuan Amas Selatan. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 5(2), 7–12.

Nissa, N. K. (2018). Efektivitas Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Ipa Pada Materi Konduktor Isolator Kelas Vi Sdn Kaligondang (Issue 21).

Nopianti, E. (2019). Efektivitas Metode Eksperimen Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di Sdit Tihamah Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.

Oktavia, I. K. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Al Azhar 2 Bandar Lampung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–83.

Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(3), 193. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277

Tomal, D. R. (2010). Action Research For Educators. In Dairy Science & Technology, CRC Taylor & Francis Group (Issue June).

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Sitti Hasanah. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Benda Isolator Dan Konduktor Melalui Metode Demontrasi Dan Eksperimen Siswa Kelas VI Semester I SDN Rekkerrek 3, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan . Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 148–157. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1283