PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MELALUI PENERAPAN SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH MTs MUHAMMADIYAH LIMBUNG

Authors

  • Bantang Bantang MTs Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i1.1044

Keywords:

Keterampilan Mengajar, Contextual Teaching Learning, Supervisi Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif diperlukan berbagai keterampilan yaitu keterampilan mengajar dalam hal ini membelajarkan. Permasalahan yang ditemukan di lapangan bahwa guru masih mengandalkan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, masih perlu adanya peningkatan dalam hal keterampilan dasar mengajar guru upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif. Permasalahan tersebut mendorong peneliti sebagai Kepala Madrasah untuk melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan keefektifan supervisi pembelajaran Kepala Madrasah upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) di MTs Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I, II, dan III sebesar 73,00%, 76,13%, dan 87,75%. Sedangkan peningkatan keterampilan guru pada ketuntasan individu pada siklus I, II, dan III sebesar 50%, 75%, 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui penerapan supervisi pembelajaran Kepala Madrasah dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru berbasis Contextual Teaching Learning (CTL). Selain itu juga, kegiatan supervisi pembelajaran ini memiliki efektivitas dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru berbasis Contextual Teaching Learning (CTL).

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto & T. Rachmawati. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Masaong, Abd. Kadim. (2012). Supervisi Pembelajaan dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. (2012). Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-04-21

How to Cite

Bantang Bantang. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MELALUI PENERAPAN SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH MTs MUHAMMADIYAH LIMBUNG. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(1), 11–24. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i1.1044