PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGEMBANGAN RPP TERAPDU MTs DARUL MUTTAQIN BUNGASUNGGU

Authors

  • Kasmawati Kasmawati MTs Darul Muttaqin Bungasunggu Kab. Gowa

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i2.1046

Keywords:

Supervisi Klinis, Kemampuan Guru, Pengembangan RPP Terpadu

Abstract

Salah satu kompetensi profesionalisme guru yang harus dikuasai yaitu mengelola perencanaan pembelajaran. Banyak permasalahan yang sering dihadapi oleh guru dalam membuat RPP diantaranya kemampuan guru yang masih kurang dalam mengembangkan RPP, lemahnya kemampuan guru dalam menentukan tujuan dan evaluasi pembelajaran, dan kurangnya kemampuan guru dalam menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum (kurikulum 13). Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti sebagai pengawas tertarik untuk melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengatahui penerapan dan keefektifan supervisi klinis pengawas sebagai upaya peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran terpadu di MTs Darul Muttaqin Bungasunggu Kab. GowaTahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan kemampuan guru pada siklus I, II, dan III sebesar 72,80%, 81,45%, dan 90,60%. Sedangkan ketuntasan individu pada siklus I, II, dan III sebesar 40%, 70%, 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui penerapan supervisi klinis pengawas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran terpadu. Selain itu, kegiatan supervisi akademik ini juga efektif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran terpadu.

 

 

References

Bolla, J.J.. (1985). Supervisi klinis. Jakarta: P2LPTK Ditjendikti Depdikbud.

Daryanto & T. Rachmawati. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fattah, Nanang. (1996). Landasan Manajemen Pendidikan .Bandung: PT. Rosda Karya.

Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Deni. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Pramudita, Haryadi. (2013). Model Supervisi Klinis Pengawas dan MGMP Bahasa Sunda untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Sunda dalam Merencanakan Pembelajaran. Jurnal Lokabasa, 4 (1): 67-71).

Purwanto, M. Ngalimin. (1997). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.

Sudjana, Nana, dkk.. (2011). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP Kementerian Pendidikan Nasional.

Supriadi, D.. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Suyud Margono. (2004). Alternatif Dispute Resolution. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2021-06-22

How to Cite

Kasmawati Kasmawati. (2021). PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGEMBANGAN RPP TERAPDU MTs DARUL MUTTAQIN BUNGASUNGGU. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 44–58. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i2.1046