ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD SWASTA PANGERAN ANTASARI TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Sri Ramadhani STKIP Pangeran Antasari
  • Siti Rahmadhani Siregar STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.1188

Keywords:

Faktor, kesulitanbelajar, matematika.

Abstract

Kesulitan yang sering dialami siswa yaitu kesulitan saat mengerjakan soal diagram karna kurang mampu memahami maksud soal  dan kebingungan saat menentukan operasi hitung yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar matematika pada siswa,untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas V SD Pangeran Antasari.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V dan guru kelas V Sd Swasta Pangeran Antasari. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes soal, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah lebih banyak yang mengalami kesulitan belajar matematika dalam mengerjakan soal diagram garis, batang, dan gambar. Kesulitan belajar matematika menyelesaikan soal diagram yang terjadi di kelas V SD meliputi kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam kterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yng berasal dari siswa meliputi IQ atau intelegensi, sikap siswa dalam belajar matematika, motifasi belajar siswa yang masih rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal dan kemampuan pengindraan siswa yang kurang. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar tubuh siswa antara lain kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, sarana prasarana disekolah, serta lingkungan keluarga.

 

 

References

Abdurrahman, P. D. (2018). anak bersekulitan belajar. jakarta: pt rineka cipta.

Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158-3166.

Andri. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 25 RAJANG BEGANTUNG II. VOL 2 No.2 November 2020, 2, 231-241.

Asriyanti, F. D. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Volume 29, No. 1, 2020, 29, 79-87.

Arifin, M., & Chotimah, S. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Siswa SMP di Kabupaten Bekasi Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2452-2459.

Audina, R., & Dwi, D. F. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105364 Lubuk Rotan. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 1(3), 147-158.

Devi, M. M. Y. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa kelas II pada materi penjumlahan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

MURZANI, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sdn 9 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Prof. Dr. Martini Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Subini, N. (2012). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: javalitera.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta, CV.

Tarigan, T. F. B. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kabanjahe Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 25 RAJANG BEGANTUNG II. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231-241.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar kota balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Sri Ramadhani, & Siti Rahmadhani Siregar. (2022). ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD SWASTA PANGERAN ANTASARI TAHUN AJARAN 2021/2022. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 178–192. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.1188