Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Directive Learning) Kelas VIII H Mata Pelajaran IPS Semester 2 di SMPN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022

Authors

  • Nursamsu SMPN 1 Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.1296

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran langsung (directive learning) dalam meningkatkan prestasi belajar Kelas VIII H   Mata Pelajaran IPS   Semester 2. Rancangan penelitian yang akan dilakukan adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang pengumpulan data melalui   tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan  model pembelajaran  langsung (directive learning)   siswa Kelas VIII H   SMPN 1 Ponorogo   perubahan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari prestasi belajarnya yang cenderung meningkat dan hasil observasi aktivitas siswa. Hal itu dapat dilihat dari hasil observasi bahwa aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66.66%, sedangkan pada siklus II sebesar 82.5%. Dengan demikian, berarti pada siklus II Prestasi belajar siswa sudah meningkat dibanding dengan siklus I. Hal ini juda dibuktikan dengan perolehan Prestasi belajar siswa pada tes pra tindakan, siklus I dan siklus II. Nilai taraf keberhasilan mengalami perubahan yang cenderung meningkat dari 68 pada pra tindakan, meningkat 75.7 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83.5 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran langsung (directive learning) dalam meningkatkan prestasi belajar Kelas VIII H   Mata Pelajaran IPS   Semester 2 di  Kelas VIII H SMPN 1 Ponorogo.

References

Abdullah, Abdul Rahman. Aktualisasi Konsep Dasar Perubahan Islam, Yogyakarta: UII Press, 2001

Ali, Mohammad dan Mohammah Asrori, Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2012

Arif, Arnei. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan Islam. (Jakarta: Ciputat Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Bukhori, Alma. 1994. Pendidikan dalam Pembangunan, Yogya: Tiara Wacana.

Deporter, Bobbi. Contextual Teaching and Learning, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2002 Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Gulo, W. 2002. Stategi Belajar Mengajar Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara. 2003

Haryanti, Nik. 2014. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudjiman, Haris. Belajar Mandiri, Surakarta: LPP dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS UNS Press Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2005

Mufarokah, Anisatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras.

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2002. Kreatifitas dan Keterbakatan Stategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Patoni, Achmad, 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Bina Ilmu.

Purwanto, Ngalim. 2003. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 2006. Evaluasi Prestasi belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kemandirian pada Anak, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ramayulis, 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam Jakarta: Kalam Mulia.

Rusman, Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tanzeh, Ahmad. 2000. Metode Penelitian Praktis, Tulungagung: P3M Press.

Undang-undang RI No. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Cemerlang.

Yamin, Martinis. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik, Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Nursamsu. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Directive Learning) Kelas VIII H Mata Pelajaran IPS Semester 2 di SMPN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022 . Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 193–208. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.1296