Penerapan Strategi Pembelajaran Bermain Peran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS- SMA Negeri 8 Samarinda Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.1509Keywords:
Law, Education, Changing Times.Abstract
Based on law No. 20 of 2003 chapter II article 3 concerning the national education system that education is education based on Pancasila and the 1945 Constitution of the Republic of Indonesia which is based on religious values, Indonesian national culture and responsiveness to demands for change era.
References
Dimyati; Mudjiono , Belajar dan Pembelajaran , Jakarta;Rineka Cipta, 2002
Departemen Pendidikan dan Kebudayan, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar, Didaktik/Metodik Umum (Jakarta, 1996)
Trianto,Model – Model pembelajaran Inovatif. Jakarta : Prestasi Pustaka, 2007
Arikunto Suharsimi, Manajemen Penelitian : Rineka Cipta, 2007
Departemen Pendidikan dan Kebudayan, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar, Metodik Khusus Pengajaran lImu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar (Jakarta, 1996)
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Lembar Penilaian Analisis Hasil Evaluasi dan Program Perbaikan Pengayaan/Kriteria Keberhasilan Proses Belajar-mengajar (Malang, 2007)
Wayan Dasna, Ach. Fatchan, Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah (Malang : Pusat Penelitian Pendidikan, Lembaga Penelitian UNM 2007)
M. Dahlan. Y. AI-Barry, L. Lya Sofyan Yacub, Kamus Induk Istilah Ilmiah (Surabaya: Target Press 2003)
Depdiknas. 2019. Buku Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Depdiknas.
Djoened Poesponegoro Marwati, Notosusanto Nugroho, Sejarah Nasional Indonesia VI. Jakarta: PN Balai Pustaka, 1984
.Isjoni, Pembelajaran Sejarah . Bandung: Alfabeta, 2007
Mustafa Habib M dkk, Sejarah 3 , Sejarah 3, Ciawi Bogor : Yudistira 2011
TIM Masmedia, Sejarah SMA/MAK, Surakarta: Masmedia , 2015
Akib, Zainal, Karya Tulis Ilmiah Bagi Pengembangan Profesi Guru, Bandung, Yrama Widya, 2008.
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineika Cipta, 2005.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara, 2008.
Lie, Anita, Cooperartive Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta, Grasindo, 2002.
Permendikbud RI No. 24 Th. 2016, Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Sejarah Indonesia Pada Kurikulum 2013, Pada
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jakarta, Dirjend. Perpu Kemenhum dan Hak Asasi Manusia RI, 2016).
Permendikbud RI No. 6 Th. 2019, Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Dirjend.
Perpu Kemenhum dan Hak Asasi Manusia RI, 2019). Pupuh Fathurrohman & M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar,
Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung, Refika Aditama, 2007.
Herimanto , Pembelajaran Sejarah Interaktif kelas XII IPA, Surakarta: Tiga Serangkai 2009
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta, 2007.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran, Jakarta, Kencana, 2008.
Silberman, Melvin L., Active Teaching, Edisi Revisi, 101 Cara Belajar Siswa Aktif, terjemahan Raisul Muttaqien, Bandung: Nusamedia, bekerjasama dengan Nuansa, 2006.
Mahardikaningsih Rini – R. Sumaryanto, Sejarah kelas XII Program IPA/IPS, Solo: Global 2006
Suyanto & Jihad, Asep, Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta, Erlangga, 2013.