PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERSOSIALISASI, MINAT BAKAT DAN CEGAH BULLY TERHADAP SISWA DI SDN 011 BONTANG SELATAN

Authors

  • Daffa’ Ar Rasyid Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rahman Amrullah Suwaidi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1831

Keywords:

Pendidikan,, , Minat Bakat, Kekerasan, Generasi Muda.

Abstract

Pendidikan adalah sesuatu yan penting dalam meningkatkan mutu SDM pada suatu negara untuk mewujudkan bangsa yang maju karena pada hakekatnya pendidikan adalah proses untuk meningkatkan kepribadian diri menjadi pribadi yang berilmu dan berkarakter. Timbulnya permasalahan terhadap kurangnya stimulus terhadap peningkatan siswa sejak dini dalam minat dan bakat serta maraknya kasus kekerasan yang terjadi pada pendidikan Indonesia memunculkan polemik yang berkelanjutan. Pengingikisan rasa solidaritas akibat dari kekerasan dan kurangnya pengetahuan atas minat bakat yang dimiliki berdampak efek samping yang berkepanjangan bagi keberlangsungan ekosistem generasi muda selanjutnya. Oleh sebab itu, perlunya pendampingan dalam menciptakan karakter generasi muda yang dimulai sejak dini untuk memunculkan kesadaran dalam bertindak, berekspresi dan berperilaku dengan proses pendampingan di SDN 011 Bontang Selatan, Kalimantan Timur.

References

Anggraini, Indah Ayu, Wahyuni Desti Utami, and Salsa Bila Rahma. 2020. “Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini Di SD Adiwiyata.” Islamika 2(1):161–69.

Ariesto, Asdrian. 2009. “Pelaksanaan Program Anti-Bullying Teacher Empowerment Program Di Sekolah.” Universitas Indonesia.

Coloroso, Barbara. 2003. “The Bully, the Bullied and the Bystander: Breaking the Cycle of Violence.” Srsd119. Ca.

Hariyani, Tuti. 2014. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Minat Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Bkkbn Kabupaten Madiun.” Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan 3(2):144–52.

Sejiwa, Tim. 2008. “Bullying: Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan.” Jakarta: Grasindo.

Syarifah. 2022. “Indonesia Peringkat Kelima Kasus Bullying Pada Anak Dan Remaja.” Chat News. Retrieved (https://chatnews.id/read/indonesia-peringkat-kelima-kasus-bullying-pada-anak-dan-remaja).

Yuli Saputra. 2022. “Perundungan, Gim, Dan Tantangan Viral - ‘Sekolah Masih Tergagap-Gagap Menghadapi Kasus Bully.’” BBC News. Retrieved (https://www.bbc.com/indonesia/articles/czkdgve3840o#:~:text=Namun meski telah banyak program,sekolah meningkat menjadi 81 kasus.).

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Daffa’ Ar Rasyid, & Rahman Amrullah Suwaidi. (2023). PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERSOSIALISASI, MINAT BAKAT DAN CEGAH BULLY TERHADAP SISWA DI SDN 011 BONTANG SELATAN. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 55–62. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1831