BENTUK-BENTUK PELANGGARAN ETIKA AKADEMIK

Authors

  • Cinta Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sindy Syahputri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suci Mawar Syahrani Panjaitan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yunita Syafitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sakinah Hasbi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1939

Keywords:

Etika Akademik, Pelangaran Akademik

Abstract

Etika akademik merupakan nilai-nilai sosial dan budaya yang telah disepakati masyarakat pendidikan sebagai norma yang dipatuhi bersama itu tidak selalu sama pada semua masyarakat pembelajaran. Etika akademik selayaknya untuk diterapkan secara spesifik dalam berbagai kegiatan akademis maupun berbagai unsur kegiatan yang berkaitan dengan dunia kampus. Tindakan yang melanggar etika akademik merupakan tindakan yang tidak semestinya dilakukan. Diantara aktivitas yang tergolong dalam kelompok tindakan tidak pelanggaran akademis merupakan antara lain plagiat, penyontekan/kecurangan, perjokian, pemalsuan ijazah, penyuapan, tindakan diskriminatif, dan lain-lain. Pelanggaran etika akademik merupakan hal yang mencoreng dunia pendidikan, Pelanggaran etika akademik tersebut harus dianalisis penyebab dan solusinya. Adapun perbuatan yang melanggar etika akademis harus ditanggapi dengan serius melalui solusi dan upaya-upaya pencegahan. Di sisi lain, kecurangan akademik merupakan salah satu tindakan yang bertentangan dengan etika dan kecurangan akademik dapat terjadi ketika mahasiswa melakukan berbagai cara yang tidak baik untuk mencapai tujuan dan keberhasilan. Kecurangan akademik dapat dilakukan mahasiswa khususnya dalam proses pembelajaran.

References

Al-Rasyidin. Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan aksiologi Praktik Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.

Amir, Miftah. Etika Komunikasi Massa Dalam Pandangan Islam, Jakarta: Logos, 1999.

Arsyad, Aspriah. “Tinjauan Kriminologis Terhadap Kejahatan Penggunaan Ijazah Palsu Oleh Pegawai Negeri Sipil”, Skripsi, Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makasar, 2015.

Asari, Hasan Menyingkap Zaman Keemasan Islam: Kajian Atas Lembaga-lembaga Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2013.

Asari, Hasan. Nukilan Pemikiran Islam Klasik: Gagasan Pendidikan Abu Hamid Al Ghazali, Medan: Perdana Mulya Sarana, 2012.

Asari, Hasan. Menguak Sejarah Mencari 'Ibrah: Risalah Sejarah Sosial-Intelektual Muslim Klasik, Bandung: Citapustaka Media, 2006.

Azizy, A. Qodri A. Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, Semarang: Aneka Ilmu, 2003.

Badudu, J.S. Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia, Jakarta:

Kompas, 2005.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Hadiwijono, Harun. Sari Sejarah Filsafat Barat, Yogyakarta: Kanisius, 1980.

Harahap, Syahrin. Islam dan Modernitas: Dari Teori Modernisasi Hingga Penegakan Kesalehan Modern, Jakarta: Kencana, 2015.

Harahap, Syahrin. Penegakan Moral Akademik: Di Dalam dan Di Luar Kampus, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.

Kartanehara, Mulyadhi. Menembus Batas Waktu: Panorama Filsafat Islam Bandung:

Mizan, 2005.

Mahmud. Sosiologi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2014.

Mulyana, “Pencegahan Tindak Plagiarisme Dalam Penulisan Skripsi: Upaya Memperkuat Pembentukan Karakter Di Dunia Akademik”, dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan UNY, tahun 2010.

Pujiatni, Kris dan Sri Lestari. “Studi Kualitatif Pengalaman Menyontek Pada Mahasiswa”, dalam Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 11, No. 2, Agustus 2010.

Sagoro, Endra Murti. “Pensinergian Mahasiswa, Dosen, dan Lembaga Dalam

Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akutansi”, dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XI, No.2, Tahun 2013.

Syafaruddin dkk., Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umat, Jakarta:

Hijri Pustaka Utama, 2014.

Syafaruddin, dkk., Sosiologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2016.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Zahruddin AR. Pengatar Ilmu Akhlak, Jakarta: PT Grafindo Persada, 2004

Downloads

Published

2023-07-11

How to Cite

Cinta Ramadhani, Sindy Syahputri, Suci Mawar Syahrani Panjaitan, Yunita Syafitri, & Sakinah Hasbi. (2023). BENTUK-BENTUK PELANGGARAN ETIKA AKADEMIK. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 211–228. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1939