PENGEMBANGAN MEDIA DINNER ROLL VIRTUAL LABORATORY BERBASIS WEBSITE PADA KOMPETENSI MENGANALISIS KUE DARI ADONAN BERAGI BAGI SISWA SMK

Authors

  • Alim Akbar Romadlony Universitas Negeri Surabaya
  • Any Sutiadiningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Lucia Tri Pangesthi Universitas Negeri Surabaya
  • Asrul Bahar Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1952

Keywords:

Pengembangan, Praktik Virtual, Bakery Pastry, Dinner Roll, Website

Abstract

Dinner roll virtual laboratory merupakan media yang memiliki fitur dua arah serta berisikan gambar, teks, animasi yang menjadikan peserta didik mudah memahami materi. Media ini di rancang untuk memudahkan peserta didik memahami konsep dari pembuatan kue dari adonan beragi. Adapun penelitian ini memiliki tujuan mengetahui kelayakan media virtual laboratory pada pengetahuan membuat kue dari adonan beragi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan/ model 4D; define, design, develop, disseminate. Pada penelitian ini peneliti menggunakan  hingga tahap develop (pengembangan), sehingga menjadikan pengembangan ini memiliki tiga tahap. Pada tahap ketiga pada uji validasi kelayakan media melibatkan dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Serta pada uji terbatas pengujian dilakukan pada peserta didik kelas XII kuliner yang ada di SMK Negeri 6 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, serta instrumennya menggunakan lembar observasi kelayakan. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilalui peneliti diperoleh: media dinner roll virtual laboratory mendapatkan penilaian dari ahli materi dan ahli media 94,5% dan 66% , dan respon dari peserta didik kelas XII kuliner sebesar 99,6%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pengembangan media dinner roll virtual laboratory pada SMK Negeri 6 Surabaya layak dan efektif untuk digunakan.

 

References

Uno, H.B, Ma’ruf A.R.K. 2016, Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan. 18 (1) : 169-185.

Rusman, Dkk. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta. Bandung.

Rochmawati, i. 2019, Analisis User Ace Situs Web Iwearup.com. Visualita. 7 (2): 31-44.

Komara, E. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Refika Aditama. Bandung.

Ades, S. 2017. Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Pitajeng. 2015. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Faridah, A, Dkk. 2008. Patiseri Jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.

Setyawati, R. 2020. Pengolahan Patiseri. Politeknik Negeri Balikpapan. Balikpapan.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Rochmawati, i. 2017, Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Ddidik dengan Model Pengembangan 4-D pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. 22 (2): 135-147.

Downloads

Published

2023-07-13

How to Cite

Alim Akbar Romadlony, Any Sutiadiningsih, Lucia Tri Pangesthi, & Asrul Bahar. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA DINNER ROLL VIRTUAL LABORATORY BERBASIS WEBSITE PADA KOMPETENSI MENGANALISIS KUE DARI ADONAN BERAGI BAGI SISWA SMK . Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 229–241. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1952