Upaya Guru dalam Bimbingan Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTSN 01 Solok
DOI:
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i4.2327Keywords:
Teacher Efforts, Learning, Al-Qur'an, Al-Qur'an HadithAbstract
Researchers conducted research at MTsN 01 Solok against the background of the current many complaints from educators regarding the teaching of Al-Qur'an Hadith material, especially in terms of reading the Al-Qur'an. This research aims to find out how many students still do not read the Al-Qur'an fluently and the efforts made by teachers to overcome this problem at MTsN 01 Solok. These problems are researched using descriptive qualitative research methods which are aimed at describing and analyzing phenomena and events, social activities, attitudes, beliefs, thoughts of people individually and in groups using field research. To analyze the data, researchers grouped it based on existing problems. Based on the findings of research conducted by researchers, it shows that several obstacles faced by students at MTsN 01 Solok regarding Tutoring for Learning to Read and Write Al-Qur'an, one of which is that many of the students are not correct in pronouncing Makhorijul letters, fluency in reading Al-Qur'an. -Qur'an, provisions on recitation and methods in writing the Koran. The efforts made by the teacher in tutoring to read and write the Al-Qur'an before starting learning are that the teacher applies before starting the first 10 minutes of learning, students are asked to read the Al-Qur'an in turns and other students listen before learning begins.
References
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikolog Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004
Abu Yahya Al-Syilasyabi, Cara Mudah Membaca Al-Qur’an Sesuai Kaidah Tajwid, Yogyakarta: Daar Ibn Hazm, 2007
Achamd Lutfi, Pembelajaran Al Qur’an Hadits, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Depag, 2009
Ahmad Syarifuddin, Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani, 2004
Basyiruddin Usman, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Press, 2002, cet 1
Darmansyah, Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor, Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Darul Ilmi, Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran fiqih kelas VII di MTsn 3 Agam Balingka Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam, Vol 1 No 3 Tahun 2022, Jurnal Multi Disiplin Ilmu
Dedikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991
Dr Muhiddinur kamal M.Pd, Guru Suatu Kajian Teoritis dan Praktis, Bandar Lampung: CV Anugrah Utama Raharja, 2019
Hasan Alwi, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,2008
Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Swasta Teladan Gerbang Kabupaten Langkat, INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM, (2018)
Iswantir, Minat Baca Al-Qur’an Pada Siswa di SMP Negeri 3 Ampek Nagari Kab.Agam, Vol 1 No 2 Juni tahun 2022, Jurnal Multi Disiplin Ilmu
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahanya, Cet 1: Bandung: Sygma, 2014
KTSP Madrasah Tsanawiyah Darus Shafa, (Manipi Tahun Pelajaran 2009/2010)
Latifah Husein, Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2017
Maftuh Basthuk Birri, Standar Tajwid Bacaan Al-Qur’an, Kediri, Madrasah Murottilil Qur’an, 2000
Mahalli, dkk, “Pedampingan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Sd Negeri 2 Kuwasen Jepara, “Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisplin 4, no. 3 (2021), hal.148, doi:10.36341/ jpm. v 4i3. 1745.
Mahmud Yunus, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Jakarta: Hidakarya Agung, 1983
Mahmud Yunus, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: Hidakarya)
Marsudi, Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Malang: UNM Press, 2003
Menteri Agama RI, Peraturan Mentri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah, (Jakarta: 2008)
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2008
Muhammad Aman Ma’mun, “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an”, Jurnal Pendidikan Islam, 4 (Maret 2018)
Muhammad Halil,”Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits”, Vol.1,5.
Muhammad Ibn’alawi Al-Maliki Al-Hasani, Samudra Ilmu-Ilmu Al-Qur’an RingkasanbKitabAl-Itqan Fi’Ulum Al-Qur’an, Bandung: Mizan Pustaka, 2003
Muhammad Thalib Fungsi dan Fadhillah Membaca Al-Qur’an, Surakarta: Kaffah Media, 2005
Mulyono Abdur Rahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2001
M. Said, Al-Qur’an dan Terjemahanya, Bandung: Al-Ma’arif, 1987
Masfuk Zuhdi, Pengantar Ulumul Qur’an, Surabaya: Karya Abditama,1997
Nana Syaodih, dkk, Bimbingan dan Konseling dalam Praktek. Bandung: Maestro, 2007
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2004
Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru AlGensindo,2002
Peter Salim dan Yeni Salim, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Modern English Press, 1992
Peter Salim dan Yeni Salim, (2005) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Modern English Press
Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia, 2013
Roestiyah NK., Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Cet ke 6; Jakarta: BinaAksara, 2006
Salmiwati, Program Tahfiz Qur’an Untuk Menghasilkan Peserta Didik Penghafal Al-Qur’an Yang Berkarakter SertaMenguasai Ilmu Pengetahuan dan Pandai Membaca Al-Qur’an Dengan Benar di SMPN 3 Kinali, Vol 3 No 1 tahun 2023, Jurnal Ilmu Pendidikan
Sudirman Danim, Profesionalisasi Dan Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta, 2010
Sulchan Yasyin, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amanah,1997
Syamsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press,2002
Syarifuddin, Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani, 2004
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ed.3. Jakarta: Balai Pustaka, 2002
Wiwi Alawiyah Wahid, Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an, Yogyakarta: Diva Press, 2012
W.J.S Poerwadinata, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002
Yusuf Qaradhawi, Bagaimana Berinteraksi dengan Al-Qur’a, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2000
Zakiah Darajat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara,2003