Gambaran Kemampuan Interaksi Teman Sebaya Dalam Berdiskusi Kelompok Pada Siswa Kelas X SMAN Gondangrejo

Authors

  • Ardea Sri Pramesti Universitas Sahid Surakarta
  • Anniez Rachmawati Musslifah Universitas Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2704

Keywords:

Group Discussion

Abstract

Students who have good ability to interact tend to be able to adjust to new environments and are comfortable in class. In contrast to students who experience problems in interacting, they tend to have difficulty in adapting so that feelings of pressure arise when in class. As a result, when in group activities or discussions, students tend to be passive, afraid to express their opinions, become quiet when in class, and prefer to do tasks individually. The informants in this study were nine grade X students and one counseling teacher at SMA Negeri Gondangrejo. In this study, researchers used interviews in the form of Focus Group Discussion (FGD), observation and documentation in data collection. The conclusion that can be drawn is that there are two different perspectives related to the phenomenon raised by the researcher. The first is the perspective of informants who have good proximity or ability to interact with their peers. The second is the perspective of informants who have difficulty interacting with their peers.

References

Damayanti, M. 2018. Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial Terhadap Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung Bandar Lampung.

Adyatma, T, R., Mulyanto., & Didi, T. 2020. Interaksi Sosial Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Di SMA Negeri 2 Kayuagung. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 7 (2), 301-314.

Herlina. 2013. Bibliotherapy: Mengatasi Masalah Anak dan Remaja Melalui Buku. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Sihotang, N., Muri, A., & Daharnis. 2013. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja Awal dalam Aspek Kemandirian Emosional (Studi Eksperimen di SMP Frater Padang). KONSELOR. 2 (4), 172-185.

Tsalitsia, K, M. 2022. Korelasi Kemampuan Berinteraksi dengan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Guzman, M, R, T. 2007. Friendships, Peer Influence, and Peer Pressure During the Teen Years. Artikel. University Of Nebraska Lincoln.

Rauuf, A. 2016. Perilaku Terisolir dan Upaya Penanganan dengan Latihan Asertif pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Arisendy, R. 2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Kompetensi Dasar Memahami Komunikasi Kantor di SMK Krian 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 9 (1).

Istarani. 2012. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada. 54-55.

Ramdhani, N. 1996. Perubahan Perilaku dan Konsep Diri Remaja yang Sulit Bergaul Setelah Menjalani Pelatihan Ketrampilan Sosial. Jurnal Psikologi. 1 (13), 13-20.

Syaifudin, A., & Sulistyaningrum, S. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpendapat Mahasiswa Melalui Problem Based Learning (PBL) Sebagai Pendukung Pencapaian Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada Mata Kuliah Pragmatik. Jurnal Penelitian Pendidikan. 32 (2), 97-106.

Yuliani, R. 2022. Peningkatan Kemampuan Pengungkapan Pendapat Siswa dalam Layanan Bimbingan Kelompok dengan Tehnik Diskusi Kelompok di MTs Negeri 5 Sleman. IJAR: Indonesian Journal of Action Research. 1 (1), 108-112.

Triani, A. 2012. Pengaruh Persepsi Penerimaan Teman Sebaya Terhadap Kesepian Pada Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. 1 (1), 128-134.

Nadlyfah, A, K., & Kustanti, E, R. 2018. Hubungan Antara Pengungkapan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau di Semarang. Jurnal Empati. 7 (1), 136-144.

Retnomanisya, T, Y., Sugiharto., & Suharso. 2013. Mengatasi Perilaku Terisolir Siswa Menggunakan Teknik Assertive Training pada Siswa Kelas Kelas IV. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 2 (2), 1-7.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Ardea Sri Pramesti, & Anniez Rachmawati Musslifah. (2024). Gambaran Kemampuan Interaksi Teman Sebaya Dalam Berdiskusi Kelompok Pada Siswa Kelas X SMAN Gondangrejo. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2704