Peran Multimedia untuk Pembelajaran dan Berbagai Bidang di Sekolah Dasar

Authors

  • Syamsiani Syamsiani STIT Misbahul Ulum Gumawang

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.433

Keywords:

Multimedia, Learning, Elementary School

Abstract

The purpose of this study was to determine the role of multimedia for learning and various fields in elementary schools. Based on the purpose of this study, qualitative research methods are considered to be the appropriate method to be used. Qualitative method is a method that emphasizes research to examine the complex details of a subject, examine the relationship between social events, cultural phenomena and society through life, experiences, behavior, perspectives, points of view, emotions and feelings. The benefits of educational media in the learning process include laying concrete foundations in thinking to reduce 'verbalism', increase student interest, make lessons more fun so that it has an impact on more satisfying learning outcomes. The advantage of multimedia in interactivity is that this media is inherently able to force users to interact with the material both physically and mentally.

References

Andinny, Y., & Lestari, I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Multimedia Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 169–179.

Anom, K. (n.d.). Penerapan Komputer di Masyarakat Secara Umum. Gunadarma.Ac.Id.

Ariasdi. (2015). Multimedia Dalam Dunia Pendidikan. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/ariasdi/55298722f17e61497fd623d5/multimediadalam-dunia-pendidikan?page=1&page_images=2

Hastuti, & Rohana. (2022). PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA. Jurnal Lentera Pedagogi, 6(1).

Kasman. (2020). Pengembangan Teknologi Multimedia Pembelaaran. Jurnal Pendais, 2(2), 137–148.

Kemdikbud. (n.d.). KONSEP MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Lmsspada.Kemdikbud.

Komputer, T. D. I. (n.d.). Modul Perkuliahan: Komputer Masyarakat.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.

Nurlaela, Wahyudin, & Hamdani, N. A. (2016). Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Melalui Pendekatan Ctl Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pesawat Sederhana Pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Hanjuang I. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 48–59.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pradana, Y. E. (2015). Troubleshooting dan Repair Tablet Lenovo Ideatab di PT IBM-JTI Surabaya.

Putra. (2021). Pengertian Multimedia: Sejarah, Manfaat, Komponen & Contohnya. Salamadian.Com. https://salamadian.com/pengertian-multimedia/

Reza, M. (2021). Manfaat Madia Pembelajaran Menurut Para Ahli. Mandandi.Com. https://www.mandandi.com/2021/02/manfaat-madia-pembelajaran-menurut-para.html

Sahaja, I. (2015). DEFINISI MULTIMEDIA. https://irwansahaja.blogspot.com/2015/09/definisi-multimedia.html

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana.

Sasmono, B. (2012). MANFAAT APLIKOM BAGI KEHIDUPAN SEHARI – HARI. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/bagus.sasmono/55188414a333118307b664fd/manfaat-aplikom-bagi-kehidupan-sehari-hari

Surasmi, W. A. (2016). PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENDUKUNG KUALITAS PEMBELAJARAN. PROSIDING TEMU ILMIAH NASIONAL GURU (TING) VII.

Wijoyo, A. (2018). Pengaruh Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Multi Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. https://doi.org/10.32493/informatika.v3i1.1519

Yanti, R. F. (2018). PENGEMBANGAN CD MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI GAME TEMBAK HURUF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PENGENALAN HURUF ABJAD PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERMATA BUNDA. IAIN Batusangkar.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Syamsiani Syamsiani. (2022). Peran Multimedia untuk Pembelajaran dan Berbagai Bidang di Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 61–70. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.433