ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL DIKTA & HUKUM KARYA DHIA’AN FARAH

ANALYSIS OF THE VALUE OF CHARACTER EDUCATION IN DHIA'AN FARAH'S NOVEL DIKTA & LAW

Authors

  • Andini Sukma Rindayu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Syamsuyurnita Syamsuyurnita Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.534

Keywords:

Analisis, Nilai Pendidikan Karakter, Novel Dikta & Hukum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Dikta & Hukum Karya Dhia’an Farah. Novel ini mengandung nilai- nilai pendidikan karakter, yang membuat peneliti ingin meneliti novel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah novel, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter pada novel Dikta & Hukum Karya Dhia’an Farah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis, menandai, mencatat, mengumpulkan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Dikta & Hukum Karya Dhia’an Farah mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, kerja keras, jujur, peduli sosial, dan bersahabat/komunikat

 

References

Aprilnika, D. (2021) Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Cerita Tentang Rani Karya Herry Santoso. Jurnal fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

Arikunto, Suharsimi. (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Meisusri, dkk. (2012) Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Malaikat–malaikat Penolong karya Abdulkarim Khiaratullah. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuyurnita. (2020) Peran Sastra Melayu dalam Pembentukan Karakter Bangsa Bagi Generasi Milenial Melalui Sosial Media. Jurnal Basataka. Vol.3, No.2, Desember 2020.

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar.NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran,3(1), 231-239.

Suryaman, M. (2010). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra.Jurnal Cakrawala Pendidikan,1(3).

Suryo, Mohammad. (2005). Pendidikan Holisttik Berbasis Nilai Dan Etikapembentukan Citra Manusia. Makalah Disajikan Dalam Rembug Nasional Pembentukan Citra Manusia Indonesia, DEPARI Jawa Tengah, Semarang, 13 September.

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori Dan Assesmen. Bandung : Rosda.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Andini Sukma Rindayu, & Syamsuyurnita, S. (2022). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL DIKTA & HUKUM KARYA DHIA’AN FARAH: ANALYSIS OF THE VALUE OF CHARACTER EDUCATION IN DHIA’AN FARAH’S NOVEL DIKTA & LAW. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 145–154. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.534