KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.565Keywords:
Kebijakan Pemerintah Daerah, Guru, Kurikulum Merdeka.Abstract
Sinergitas kebijakan pemerintah daerah dalam menyambut serta menerapkan Kurikulum merdeka yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan rangkaian sistem yang tidak dapat dipisahkan secara garis kebijakan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka. Pemerintah daerah adalah bagian dari sistem yang sangat menentukan arah kebijakan pendidikan di daerah dan termasuk di dalamnya mendorong pelaksanaan kurikulum merdeka untuk masuk dalam sistem kebijakan dalam bentuk regulasi daerah dan intervensi anggaran, pengawasan, pembimbingan dan pengarahan sebagai bentuk tanggung jawab atas perintah Undang-undang sistem pendidikan nasional dan undang-undang pemerintahan daerah. Keberadaan guru yang ada di daerah sebagai sumberdaya yang dikendalikan oleh pemerintah daerah adalah ujung tombak pelaksanaan kurikulum pendidikan di daerah, maka dari itu guru juga harus dipersiapkan oleh pemerintah daerah dengan dukungan program dan pendanaan yang cukup. Kurikulum merdeka adalah bentuk penguatan sistem pembelajaran dalam menjawab tantangan zaman dengan mengacu pada arah pembangunan dan potensi lokal daerah, dengan tujuan utama dapat menghasilkan peserta didik yang berkompetensi unggul dan mampu bersaing secara nasional dan global
References
Abdullah Idi, M.Ed. Pengembangan kurikulum: teori & praktik. Jakarta: Rajawali Pers, 2016
Alexander Inglis, Principle of Secondary Education (1918)
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, buku panduan merdeka belajar dan kampus merdeka tahun 2021
Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Remaja rosdakarya dan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, 2009
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Kebijakan; Pedoman Dalam Kurikulum Untuk Membantu Pemulihan Pembelajaran. Pedoman ini diterbitkan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan tahun 2021
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada 2007.
Rian Damariswara Karimatus Saidah, Kukuh Andri Aka, Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Indonesia Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Sekolah Dasar (Banyuwangi: LPPM Genteng Banyuwangi, 2020)
Schultz, Checchi, 2005 human capital theory tahun 1977.
Sanjaya, Wina. Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
Tabrani ZA. Dynamics of Political System of Education Indonesia. International Journal of Democracy tahun 2011
ttps://www.scribd.com/doc/73785467. Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Menengah RPJP-RPJM Nasional dan Daerah Serta Rencana Pembangunan Tahunan RKPD.
https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. Tahapan Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Tahun 2021
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran
Undang-undang pemerintahan daerah Nomor 23 Tahun 2014
Undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 23 tahun 2003