PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Rita Yulia Anggraini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan
  • Diki Ilhamdan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan
  • Fita Sarpika Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan
  • Rizen Erlangga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan
  • Sahviya Sahviya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.694

Keywords:

Perencanaan, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana Perencanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Pajar Bulan, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses Perencanaan Kurikulum PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan data display, data reduksi dan data verifikasi. Untuk melihat keabsahan data maka penelitian ini menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil yang diperoleh bahwa proses perencanaan kurikulum PAI sudah dilaksanakan dengan baik dengan memperhatikan tahapan-tahapan yang ada, juga keterlibatan dari semua stakeholders dalam prosesnya, seperti guru, supervisor, siswa dan unsur lainnya yang memiliki hubungan dengan kegiatan Pendidikan. Kemudian, landasan juga menjadi bagian penting dalam proses perencanaan kurikulum PAI, yakni landasan kekuatan sosial, perlakuan pengetahuan dan pertumbuhan dan perkembangan manusia.

 

References

Busro, M., & Iskandar. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Media Akademi.

Dakir. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2005). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi. . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maloeng, L. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nur, A. (2011). Manajemen Perencanaan Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Wira Sari.

Rusman. (2017). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uliatunida, N. (2020). Perencanaan Kurikulum untuk Mencapai Tujuan Pendidikan. Medikom: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Dakwah , 2, 36.

Downloads

Published

2022-11-12

How to Cite

Rita Yulia Anggraini, Diki Ilhamdan, Fita Sarpika, Rizen Erlangga, & Sahviya, S. (2022). PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 01–08. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.694