PENERAPAN MODEL PBL DAN PJBL DALAM PEMBELAJARAN MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Authors

  • Wiwiniarti Masambe Universitas Negeri Manado
  • Altje S. Pangemanan Universitas Negeri Manado
  • Anekke Pesik Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.745

Keywords:

PBL,PJBL, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif materi Aritmetika Sosial siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang diajar dengan model Project Based Learning (PjBL). Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tatapaan sebanyak 20 siswa yang dibagi dalam dua kelompok dipilih secara acak kelompok eksperimen 10 siswa diajar dengan model PBL dan kelompok kontrol 10 siswa diajar dengan model PjBL. Kesimpulan penelitian yaitu (1) Hasil belajar ranah kognitif materi aritmetika sosial siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL memiliki nilai rata-rata 87,5 dengan standar deviasi 5,40 lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan model PjBL dengan nilai rata-rata 83 dengan standar deviasi 6,32; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif materi Aritmatika Sosial siswa kelas VII SMP N 1 Tatapaan yang diajar dengan model PBL dengan model PjBL. Hal ini dibuktikan oleh nilai thitung lebih besar dari ttabel  yakni thitung=3,829 > ttabel=1,734; dan(3) Terdapat perbedaan penerapan model PBL dan PjBL dalam pembelajaran Aritmatika Sosial pada siswa SMP Negeri 1 Tatapaan.

References

Aqib, Z. (2002). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Cendekia, Surabaya.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Cet. II; Bandung: Penerbit Alfabeta.

Baharuddin. (2009). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-

Ruzz Media

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019, November). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Prymary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(1), 40-47. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338.

Fiana, R. O., Relmasira, S. C. & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan Penerapan Model

Project Based Learning dan Probelem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu. 3(1), 157–62. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108.

Kasihani, S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Siswa Kelas VII MTS Negeri Ngantru Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5242.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. PT. Refika Aditama. Bandung.

Lintong M.M. (2010). Gagasan-Gagasan Pendidikan Kontemporer Pemberdayaan Mutu Pendidikan di Indonesia. Cahaya Pineleng, Jakarta.

Manambing, R., Domu, I., & Mangelep, N. O. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 163-166.

Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.

Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. VIII; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sulistyaningsih, M., & Mangelep, N. O. (2019). PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI ANALITIKA BIDANG. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 2(2), 51-54.

Wardani, D. K., Suyitno, & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha. 7(3), 2017-213. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19391.

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Wiwiniarti Masambe, Altje S. Pangemanan, & Anekke Pesik. (2022). PENERAPAN MODEL PBL DAN PJBL DALAM PEMBELAJARAN MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 40–49. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.745