PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV

Authors

  • Reynaldi Nomor Universitas Negeri Manado
  • Jhon R. Wenas Universitas Negeri Manado
  • Aaltje S. Pangemanan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.746

Keywords:

Jigsaw, Hasil Belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa khususnya pada materi SPLDV. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi terdiri dari seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tombatu dengan sampel penelitian adalah kelas VIIIA (Kelas Eksperimen) dan VIIIB yang homogen (Kelas Kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Dimana siswa kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai yang lebih tinggi. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh pada hasil belajar siswa pada materi SPLDV.

References

Anonim. (2003). Undang – undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 tahun 2003) dan peraturan Pelaksanaan. Jakarta: Sinar Grafika.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019, November). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.

Hermawati, P.E. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi. Tondano :UNIMA

Jihad Asep, Haris Abdula. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Presindo.

Juwaeriah, S., Muhyani, dan Ikhtiono, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Elementary Education. (Online), 1(2): 78-93. https://www.jurnalfai-uikabogor.org.

Kurniasih, & Sani. (2016). Ragam pengembangan model pembelajaran. Bogor: kata pena.

Lubis, Nur Ainun, and Hasrul Harahap. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam 1.1: 96-102.

Manambing, R., Domu, I., & Mangelep, N. O. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 163-166.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan. (Online), 1(2): 115-124. https://journal.lppmunindra.ac.id.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta. Raya Grafindo Persada.

Sulistyaningsih, M., & Mangelep, N. O. (2019). Pembelajaran Arias Dengan Setting Kooperatif Dalam Pembelajaran Geometri Analitika Bidang. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 2(2), 51-54.

Syahrir. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Teams Game Turnamen (TGT) terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Matematika Siswa SMP (Studi Eksperimen di SMP Darul Hikmah Mataram). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), https://eprints.uny.ac.id.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Reynaldi Nomor, Jhon R. Wenas, & Aaltje S. Pangemanan. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 50–58. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.746