PERANCANGAN PEMBELAJARAN PELUANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA

Authors

  • Nofita Telung Universitas Negeri Manado
  • Oltje T. Sambuaga Universitas Negeri Manado
  • Derel F. Kaunang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.757

Keywords:

Pembelajaran, desain riset, HLT, LIT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana perancangan pembelajaran peluang menggunakan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI). Dalam penelitian design research ini, peneliti menerapkan teori Hypothectial Learning Trajectory (HLT) dan Local Instructional Theory (LIT) untuk memperoleh lintasan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Eris dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A dan VIII B. Teknik analisis penelitian dilakukan secara retrospektif dengan HLT sebagai panduan. Selain itu peneliti juga melakukan analisis dan bekerja sama dengan dosen pembimbing untuk mengolah dan meningkatkan validnya data penelitian ini. Dari hasil penelitian, diperoleh lintasan belajar sebagai berikut (1) Konteks: bermain dadu, (2) Model of:  ruang sampel dan titik sampel, (3) Model for: Membuat konjektur pemikiran siswa dengan dugaan awal, (4) Formal: Menyimpulkan rumus peluang teoritik. HLT yang dihasilkan yakni (1) Tujuan: Siswa dapat menggunakan dadu untuk melihat titik sampel dan ruang sampel untuk rumus peluang teoritik, (2) Siswa Menyusun ruang sampel dan titik sampel, (3) Siswa dapat menyelesaikan masalah peluang teoritik dengan mudah.

References

Bakker (2004). Design Research in Statistics Education on Symbolizing and Computer Tools.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019, November). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.

Gravemeijer. (2009). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Gravemeijer. (2004). Local Instructional Theories as Means of Support for Teacher in Reform Mathematics Education

Manambing, R., Domu, I., & Mangelep, N. O. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 163-166.

Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.

Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). PERANCANGAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 127-132.

Prahmana, R. C. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: suatu Pengantar), Depok: Rajawali Pers.

Sulistyaningsih, M., & Mangelep, N. O. (2019). PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI ANALITIKA BIDANG. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 2(2), 51-54.

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122.

Downloads

Published

2022-11-19

How to Cite

Nofita Telung, Oltje T. Sambuaga, & Derel F. Kaunang. (2022). PERANCANGAN PEMBELAJARAN PELUANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 73–83. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.757