Kreativitas Siswa Kelas VII B SMP Negeri 6 Tondano Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Bilangan Bulat

Authors

  • Rifandi Kawulusan Universitas Negeri Manado
  • Jorry F. Monoarfa Universitas Negeri Manado
  • Oltje T. Sambuaga Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.762

Keywords:

Kreativitas, Soal Cerita, dan Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor-faktor yang terlibat dalam proses kegiatan pembelajaran. Namun, masih banyak guru yang kurang mempertimbangkan kreativitas siswa dalam pemecahan masalah dan hanya terpaku dengan hasil jawaban. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas siswa dapat menyelesaikan soal cerita matematika. Metodologi penelitian ini bersifat deskriptif. Sumber data survei adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 6 Tondano. Teknik pengumpulan data untuk penilaian seperti observasi, wawancara dan terakhir soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif didasarkan pada langkah – langkah. Temuan peneliti menunjukkan bahwa siswa kelas VIIB termasuk dalam komponen kreativitas tingkat 2 kreativitas dari 4 soal yang disajikan. Siswa hanya mampu mengidentifikasi 2 indikator kreativitas. Salah satunya pertanyaan nomor 1 dan 2, dimana siswa menjawab pertanyaan berdasarkan metode yang telah mereka pelajari dari analisis mereka.

References

Anggareni. R., &Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual ditinjau Dari grnder. Jurnal Numeracy, 5(1), 19 – 28

Desti, E. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Memecahka Masalah Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI 6 Bandar LampungTahun ajaran 2017/2018. 16.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019, November). Developing of Mathematical Learning Devices Basedon the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Scienceand Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). AtlantisPress.

Herdiawan, H., Langitasari, I., & Solfarina, S. (2019). Penerapan PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Konsep Koloid. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 4(1), 24-35.

Hendriana, H., Roheati,E.E, Sumarmo, U. (2017). Hard Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama. Hal 26

Ichsan, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPIT Rahmaniyah Bogor (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Mangelep, N.O. (2012). Pengetahuan Ilmiah, Penelitian Ilmiah, dan Jenis Pengetahuan. Tersedia di: http://navelmangelep. wordpress. com/2012/02/21/pengetahuan-pengetahuan-ilmiahpenelitian-ilmiah–dan-jenis-penelitian/[diakses pada 1 April 2017].

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N., Zulkardi., Hartono. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4.

Melika, Ika dan Sujana, Asep. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1): 8-13.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2).

Prasetyo, A., Sujana, I. W., Ratna Cora Sudharsana, T. I., Wahyudi, E., Ranu Wicaksono, A., Peradantha, I. B. G., ... & Gigih Prasisko, Y. (2020). KREATIVITAS & KEBANGSAAN: Seni Menuju Paruh Abad XXI-36 Prosiding Seminar Dies Natalis ke-36 ISI Yogyakarta.

Safudin, A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidayah, 40.

Santrock, Jhon W. (2007) Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96-103.

Siswono, T. Y. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. hal.16.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Rifandi Kawulusan, Jorry F. Monoarfa, & Oltje T. Sambuaga. (2022). Kreativitas Siswa Kelas VII B SMP Negeri 6 Tondano Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Bilangan Bulat. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 95–105. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.762