PROFIL MANAJEMEN OLAHRAGA REKREASI PADA OBJEK WISATA GENILANGIT DI KABUPATEN MAGETAN

Authors

  • Muhammad Igga Murdaya Universitas PGRI Madiun
  • Lukas Susanto Universitas PGRI Madiun
  • Andri Wahyu Utomo Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i2.772

Keywords:

Manajemen, Wisata alam, Olahraga rekreasi.

Abstract

Wisata alam Genilangit berlokasi di Desa Genilangit dengan luas area 13 ha, memiliki banyak kelebihan seperti pemandangan yang memukau mata dan udara sekitar yang masih sejuk dan asri. Wisata alam Genilangit diurus oleh sekumpulan karangtaruna bernama Giri Putra Bhakti dibantu dengan warga Desa Genilangit yang ingin ikut serta dalam mengembangkan tempat wisata Genilangit ini. Penelitian ini termasuk ke dalam kelompok penelitian kualitatif yang berjenis penelitian deskriptif. Untuk memeperoleh data dan ketererangan-keterangan yang dibutuhkan dalam penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner/angket, wawancara, dan pemeriksaan dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan segala potensi yang ada di Genilangit, strategi pemasaran yang digunakan, bagaimana manajemen yang dilakukan oleh pihak pengelola Genilangit, dan dampak yang dihasilkan dari beberapa hal yang telah disebutkan tadi. Wisata alam Genilangit menjadi tempat pilihan penulis sebagai objek penelitian karena sistem dan manajemen yang digunakan sangat menarik untuk diteliti. Penulis ingin menunjukan bahwa bisnis dan olahraga tidak hanya berkaitan dengan penjualan dan penyewaan, bisnis dalam olahraga dapat juga berupa pengelolaan lingkungan yang tidak terpakai menjadi suatu lahan bisnis yang berkembang dan diminati masyarakat. Dari penelitian ini dapat disimpulkan konsep olahraga yang diterapkan oleh objek wisata Genilangit sangat bagus dan efektif, konsep olahraga rekreasi sangat berpengaruh terhadap jumlah kedatangan pengunjung.

References

Assauri, S. (2012). Strategic Marketing. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Harsuki, H. (2012). Pengantar manajemen olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: Indeks.

Moloeng, J. Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. ke36. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Richard, M. M. (2013). Impact of sports betting and corruption: Reflections from Uganda. In Match-Fixing in International Sports (pp. 31-67). Springer, Cham.

Simamora, R. K., & Sinaga, R. S. (2016). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Pariwisata Alam Dan Budaya Di Kabupaten Tapanuli Utara. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 4(1), 79-96.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120-123.

Terry, G. R., Rue, L. W., & Ticoalu, G. A. (2005). Dasar-dasar manajemen.

Utami, I. (2017). Pengembangan STEM-A (science, technology, engineering, mathematic and animation) berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 67-73.

Alfina, I. (2013). Manajemen Pengelolaan Fasilitas Outbound Objek Wisata Linggo Asri Sebagai Wahana Pendidikan Rekreasi Di Kabupaten Pekalongan Tahun 2013 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Maharani, M. D., & Priyono, K. D. (2020). Analisis Kerawanan Longsor Dan Penentuan Jalur Evakuasi Potensial Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Tahun 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sutama, S., Sandy, G. A., & Fuadi, D. (2017). Pengelolaan penilaian autentik kurikulum 2013 mata pelajaran matematika di SMA. Manajemen Pendidikan, 12(1), 105-114.

Downloads

Published

2021-06-22

How to Cite

Muhammad Igga Murdaya, Lukas Susanto, & Andri Wahyu Utomo. (2021). PROFIL MANAJEMEN OLAHRAGA REKREASI PADA OBJEK WISATA GENILANGIT DI KABUPATEN MAGETAN. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 15–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i2.772