UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VI SDN 1 SUKADANA

Authors

  • Norchasikin Norchasikin SDN 1 Sukadana

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.945

Keywords:

Model, Pembelajara, Kartu Soal

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan secara deskriptif untuk mengetahui pengaruh metode bermain kartu soal terhadap peningkatan kemampuan mengerjakan soal cerita pada pelajaran matematika kelas VI SDN 1 Sukadana Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara tahun 2018/2019.

Hipotesis pada penelitian ini adalah “Model pembelajaran dengan menggunakan kartu soal diduga dapat  meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SDN 1 Sukadana Kecamatan Sukadana Kayong Utara tahun pelajaran 2018/2019 dalam mengerjakan soal cerita pada mata pelajaran matematika.”

Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita dilakukan tes uji coba yang dilaksanakan dua kali kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SDN 1 Sukadana ada peningkatan, yakni dengan perolehan skor rata – rata sebelum diadakan tindakan sebesar 5,97 dan setelah diadakan tindakan menjadi 6.65 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi sebesar 0.68.

 

 

References

Dave Meier. 2005. The Accelerated Learning Handbook. Bandung : Kaifa.

Herry Sukarman. 2003. Dasar – dasar Didaktik dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Makmun, A.S. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Ngalim Purwanto. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ruseffendi, E.T. 1993. Pendidikan Matematika 3 Modu 1 – 5. Jakarta : Universitas Terbuka

Soejadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud.

Suharsimi Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Tim Kajian Mutu Pendidikan. 2004. Konsep dasar Teori Pembelajaran. Yogyakarta : LPMP.

Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Undang – Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Norchasikin Norchasikin. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VI SDN 1 SUKADANA. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.945