PENDEKATAN DAN STRATEGI PENDIDIKAN NILAI KARAKTER DI SEKOLAH UMUM

Authors

  • Fakhrun Nisa Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga
  • Junedi Junedi Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga
  • Mukh Nursikin Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.962

Keywords:

Karakter, Nilai, Pendekatan

Abstract

Pentian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam tentang pendekatan dan strategi pendidikan nilai dan karakter yang ada di sekolah umum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku dan artikel ilmiah. Hasil penelitian adalah bahwa dalam melaksanakan pendidikan nilai dan karakter di sekolah umum perlu adanya beberapa pendekatan dan strategi yaitu pendekatan keteladanan, inspiratif, internalisasi nilai, perkembangan moral kognitif, analisis nilai, klasifikasi nilai, dan pembelajaran berbuat. Beberapa pendekatan dan strategi tersebut kemudian diimplementasikan ke dalam kegiatan pembelajaran di dalam maupun luar kelas.

 

References

Adisusilo, S. (2017). Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif (Cet. 4). Rajawali Pers.

Damayanti, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Penerbit Araska.

Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Penerbit Gava Media.

Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Strengthening Morals for Santri Through the Book of Ta'lim Muta'allim. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 3(2), 171-182.

Junedi, J., & Wahidin, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa. CENDEKIA, 14(01), 54-65.

Jusrin Efendi Pohan. (2019). Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme dan Problematikanya di Indonesia (Yanita Nur Indah Sari (ed.); Cet. 1). PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Majid, A., & Andayani, D. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif islam (A. S. Wardan (ed.); Cet. 3). PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyana, R. (2013). Model Pembelajaran NILAI Melalui Pendidikan Agama Islam (PAI) (Cet. 1). PT Saadah Pustaka Mandiri.

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana. (2021). Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah (M. S. Dr. Beni Ahmad Saebani (ed.); Cet. 2). CV PUSTAKA SETIA.

Junedi, J., Suprihatin, S., & Mukh Nursikin. (2022). INOVASI KURIKULUM MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN 2021. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.376

Mirani, A., Junedi, & Nursikin, M. (2022). Peranan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Toleransi Beragama SMPN 02 Sumowono. Rihlah Review: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 1-9. Retrieved from https://journal.stitaf.ac.id/index.php/Rihlah/article/view/352

Junedi, Nisa, F., & Nursikin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 1(1), 43–50. https://doi.org/10.55927/ajae.v1i1.1415

Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Penguatan Akhlak melalui Kitab Ta’lim Muta’alim bagi Santri Pondok Pesantren. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(2), 46-53. https://doi.org/10.55352/uq.v17i2.643

Junedi, J., & Wahidin, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa. CENDEKIA, 14(01), 54-65. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.246

Gofur, M. A., Junedi, J., & Nursikin, M. (2022). Prinsip-Prinsip Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI. Educational Journal of Islamic Management, 2(2), 81-88.

Junedi, J., Afifah, N., & Nursikin, M. (2022). Implementasi Pendidikan Agama Islam melalui Hafalan Hadits Beserta Artinya di TKIT Miftahul Jannah Salatiga. YASIN, 2(5), 643-659. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.548

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Fakhrun Nisa, Junedi, J., & Mukh Nursikin. (2023). PENDEKATAN DAN STRATEGI PENDIDIKAN NILAI KARAKTER DI SEKOLAH UMUM. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 164–177. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.962