PROJECT BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Arya Hasan As’ari Universitas Islam NegeriSalatiga, Indonesia
  • Nur Rofi'ah Universitas Islam NegeriSalatiga, Indonesia
  • Mukh Nursikin Universitas Islam NegeriSalatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.963

Keywords:

PAI, PjBL

Abstract

Penelitian  pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) merupakan model pembelajaran inovatif yang menitik beratkan peserta didik dalam memecahkan suatu masalah dengan menghasilkan suatu produk, membuat keputusan, melakukan kegiatan investigasi sehingga kreativitas dan motivasi peserta didik meningkat. Guru sebagai fasilisator memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengembangkan potensinya. Adapun beberapa tahapan-tahapan dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajarn berbasis proyek adalah sebagai berikut. 1) Penentuan pertanyaan mendasar, 2) Membuat perencanaan desain produk. 3) Penyusunan jadwal pembuatan produk. 4) Pemantauan kinerja peserta didik dan kemajuan proyek. 5) Penilaian hasil . 6) Evaluasi pengalaman belajar. Implementasi dari model pembelajaran berbasis proyek ini juga dapat digunakan pada materi-materi PAI yang meliputi Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Al-Qur’an Hadist. Adapun tujuan dari pembelajarn ini adalah agar siswa mampu menyimpulkan materi dari pengalamannya langsung. Namun demikian, dalam proses pelaksanaannya tentu masih ditemukan beberapa kendala. Sehingga guru diharapkan dapat menjadi mentor da fasilitator selama proses pembelajaran berlangsung. Banyak  metode pembelajaran yang dapat digunakan selama pembelajaran, salah satunya adalah PjBL. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui manfaat dari penerapan PjBL untuk mata pelajaran PAI selama pembelajaran berlangsung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur melalui buku, jurnal, dan hasil penelitian lapangan yang dilakukan oleh peneliti terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran PjBL mampu meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam melaksanakan proyek dan meningkatkan kemampuan peserta.

References

Asiah, Nur. 2014. Inovasi pembelajaran. Bandar Lampung: Anugrah Raharja.

Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Zuhairini. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Pers.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Perana Ilmu.

Wena, Made.2014 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: Bumi Aksara

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Bender, William N. 2012. Project based learning: Differentiating Instruction for the 21st Century. California: Corwin.

Cucu Suhana, Nanang Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Strengthening Morals for Santri Through the Book of Ta'lim Muta'allim. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 3(2), 171-182.

Junedi, J., & Wahidin, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa. CENDEKIA, 14(01), 54-65.

_____, 2011. Departemen Pendidikan Nasional, UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Grafika Offset.

Wahyuni, Eka. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Mengingkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 7 Kota Tangerang, dalam Jurnal Tarbawy Vol. 3 No. 1 Juni.

Badar Al-Tabany, Trianto Ibnu. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Rawamangun.

Dwiastuti, Novyanti. 2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti, dalam Jurnal SPeSIA Vol. 5, No. 2 Agustus.

Rani, Hadijah. 2021. Penerapan Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, dalam Jurnal Refleksi Vol. 10, No. 2 April.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Arya Hasan As’ari, Nur Rofi’ah, & Mukh Nursikin. (2023). PROJECT BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 178–189. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.963