Meneladani Sikap Abu Bakar As Siddiq Kepada Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Di TK Al-Mustaqiem

Authors

  • Muhammad Basri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Isnaini Kurnia Syahri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Oktafianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.974

Keywords:

meneladani sikap Abu Bakar Ash-Shiddiq; metode cerita anak usia dini

Abstract

One of the characteristics of early childhood is imitation, children can imitate what they see around them. In fostering the attitude of early childhood to become a good person can be trained as early as possible. When instilling a commendable attitude can be done through the story method because the story method aims to train children in communicating, understanding messages or lessons that can be drawn from stories, as well as broadening insight and vocabulary knowledge. This study aims to find out how to use the story method when imitating the attitude of Abu Bakar Ash-Shiddiq in Al-mustaqiem Kindergarten. This study uses qualitative methods that tend to use analysis.

References

Acep Yonny & Sri Rahayu Yunus. (2011). Begini cara menjadi guru inspiratif fan disenangi siswa. Jakarta: Pustaka Widyatama.

Afandi. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press

Al-azizi, Abdulah syukur. (2021). Abu Bakar Ash-Shiddiq ra. Yogyakarta: Diva Press.

Ananda, Riski. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia, Jurnal Obsesi, Vol.1, No. 1.

Arsyad, Junaidi. (2020). Metode kisah dan aplikasinya dalam pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Ash-shalabi, Ali Muhammad. (2013). Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq. Jakarta: pustaka al-kautsar.

Bachri, Bachtiar S. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-kanak, Teknik Dan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagakerjaan Perguruan Tinggi.

Bimo. (2013). Mahir Mendongeng: Membangun dan Mendidik Karakter Anak Melalui Cerita. Yogyakarta: Pro U Media.

Ghazali, Muhammad Alwy Amru. (2019). Kitab Ushfuriyah. Yogyakarta: Diva Press.

Murad, Mushtafa. (2017). Kisah Hidup Abu Bakar Al-Shiddiq. Jakarta: Dar al-fajr.

Nur Ahyani, Latifah. (2010). Metode Dongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah, Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, Vol. 1, No. 1.

Puspa, Ardini Pupung. (2012). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun, Jurnal Pendidikan Anak, Vol 1.

Suryantara, Bahroin. (2020).Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII. Bogor : Yudhistira (Dunia Buku Sekolah).

Suruc, Salih. (2015). Best Stories Of Abu Abu Bakar Ash-Shiddiq. Jakarta: Kaysa Media.

Syukkur, Abdul. (2021). Aliran dan Sunnah Sebagai Inspirasi Kebaikan Abu Bakar Al-Shiddiq. Jawa tengah: Lakeisha.

Tanfidiyah, dkk. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita, Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol 4, No. 3.

Wiyani, Novan Ardy. (2016). Format PAUD (Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Muhammad Basri, Isnaini Kurnia Syahri, & Nurul Oktafianti. (2022). Meneladani Sikap Abu Bakar As Siddiq Kepada Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Di TK Al-Mustaqiem . Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 226–237. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.974